UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD CERDAS SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dayang, Neliyana (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD CERDAS SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_190308061_tittle.pdf] Text
PG PAUD_190308061_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PG PAUD_190308061_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_190308061_chapter1.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308061_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_190308061_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308061_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_190308061_chapter3.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308061_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_190308061_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308061_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_190308061_chapter5.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of PG PAUD_190308061_appendix.pdf] Text
PG PAUD_190308061_appendix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dayang Neliyana. 2023. “upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak menggunakan media kartu kata bergambar kelompok A PAUD Cerdas Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini STKIP Persada Katulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd, Pembimbing II :Sarayati , M.Pd Kata kunci: Meningkatkan kemampuan bahasa,kartu kata bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan bahasa anak menggunakan media kartu kata bergambar kelompok A PAUD Cerdas Sintang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian adalah Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model yang digunakan adalah model Kemmis & Mc Taggart dengan tahapan: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah subjek penelitian yaitu 20 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengukuran, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh: Penerapan media kartu kata bergambar memperoleh skor aktivitas guru siklus I, 54,75% dan siklus II, 92,85%. Skor aktivitas Anak siklus I,55,21% dan siklus II , 84,44%. Hasil observasi aktivitas anak pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 55,21% (cukup), sedangkan hasil observasi aktivitas anak pada siklus II sebesar 84,44% (sangat baik). Hal ini berarti hasil observasi aktivitas siswa mencapai tingkat maksimal sehingga berpengaruh pada peningkatan perkembangan kemampuan bahasa anak. Perkembangan kemampuan bahasa melalui media kartu kata bergambar mengalami peningakatan pada Anak yang setiap siklusnya ditandai dengan presentase indikator pencapaian kemampuan bahasa dengan penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus I pertemuan I dari 20 anak yang memberikan BSH yaitu 0%, pertemuan ke II yaitu 30% dan pertemuan ke III 30%. Pada siklus II pertemuan I dari 20 Anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yaitu 60%, pertemuan ke II yaitu 60% danpertemuanke III yaitu 55%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:32
Last Modified: 04 Jun 2025 08:32
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item
View Item