Yulia, Sumanti (2022) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA MARIA KECAMATAN SINTANG KABUPATEN SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_tittle.pdf
Download (753kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_chapter1.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_chapter3.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_chapter5.pdf
Download (311kB)
![[thumbnail of PG-PAUD_180208052_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PG-PAUD_180208052_appendix.pdf
Download (2MB)
Abstract
Yuliana Sumiati, 2022. Peran Guru dalam Menanamkan Kemampuan Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Maria Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi PG – PAUD STKIP Persada Khatulistiwa sintang. Pembimbing 1: Fransiska, S. Psi., M.Pd., Pembimbing 11: Suryameng, M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Menanamkan Kemampuan Empati, Anak Usia Dini. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan mengenai kemampuan empati anak usia 5-6 tahun. Terdapat beberapa anak yang masih belum mampu mengembangkan sikap empatinya, disebabkan anak kelompok B usia 5-6 tahun tidak melalui tahap kelompok A usia 4-5 tahun sehingga masih perlu banyak beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan masih perlunya mendapatkan rangsangan yaitu dengan penerapan pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan rasa empati anak.Tujuan dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan: 1) Peran guru dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun. 2) Faktor – faktor yang mempengaruhi dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun, 3) Upaya guru dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen.Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 guru dan 9 siswa B1.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran guru dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun yang sudah dikuasai oleh siswa yaitu mampu berempati, menjadi roel model, pahami emosi negatif anak, revisi meminta maaf, tingkatkan kesabaran, hindari hukuman dan yang terakhir penuhi kebutuhan dasar anak. 2) Faktor – faktor yang mempengaruhi dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun yaitu keadaan dalam diri individu, permasalahan dalam proses perkembangan dan lingkungan. 3) Upaya guru dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun yaitu guru menggunakan metode bercerita, metode ceramah dan metode pembiasaan. Peran guru dalam menanamkan kemampuan empati anak usia 5-6 tahun siswa B1 yaitu tentang mampu berempati, menjadi roel model, pahami emosi negatif anak, revisi meminta maaf, tingkatkan kesabaran, hindari hukuman dan penuhi kebutuhan dasar anak, siswa sudah mampu berempati dengan baik, dengan adanya faktor – faktor yang mempengaruhi seperti keadaan dalam diri individu, permasalahan dalam proses perkembangan dan lingkungan serta denganadanya upaya guru yaitu melalui metode bercerita, metode ceramah dan metode pembiasaan, siswa dapat mampu menanamkan empati pada dirinya. Hal ini dikarenakan adanya interaksi, sosialisasi dan pemberian pembiasaan – pembiasaan yang positif serta stimulus yang tepat melalui metode pembelajaran disekolah maka kemampuan empati anak usia 5-6 tahun dapat tertanam dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 07:47 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 07:47 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1236 |