PENGARUH SMARTPHONE TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN DKV DI SMK KELING KUMANG SEKADAU

Nurleli, Usnah (2024) PENGARUH SMARTPHONE TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN DKV DI SMK KELING KUMANG SEKADAU. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of komputer_200309060_tittel.pdf] Text
komputer_200309060_tittel.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of komputer_200309060_chapter1.pdf] Text
komputer_200309060_chapter1.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of komputer_200309060_chapter2.pdf] Text
komputer_200309060_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[thumbnail of komputer_200309060_chapter3.pdf] Text
komputer_200309060_chapter3.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of komputer_200309060_chapter4.pdf] Text
komputer_200309060_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[thumbnail of komputer_200309060_chapter5.pdf] Text
komputer_200309060_chapter5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of komputer_200309060_appendix.pdf] Text
komputer_200309060_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurleli Usnah. 2024. Pengaruh Smartphone Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Siswa Kelas X DKV Di SMK Keling Kumang Sekadau Tahun Ajaran 2023/2024.Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1:Anyan, S.Kom.,M.Kom : Pembimbing 2: Muhamad Rifai, M.Kom. Katakunci :Smartphone,SikapDisiplin,MinatBelajar Penelitian ini bertujuan untuk melakukanan alisis tentang pengaruh penggunaan smartphone terhadap sikap disiplin dan minat belajar siswa kelas X DKV di SMK Keling Kumang Sekadau. Smartphone diukur melalui kemampuan siswa dalam menggunakan dan memahami teknologi informasi dan komunikasi, sementara sikap disiplin dan minat belajar diukur dengan indikator-indikator yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas X DKV di SMK Keling Kumang Sekadau. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata pengaruh smartphone adalah 27,75, rata-rata hasil sikap disiplin 25,59, rata-rata hasil minat belajar 26,22. Smartphone Uji normalitas hasil yang normal (p=2,000>0,05). Uji linear 0,320 (>0,05). Tidak ada multikolinearitas (VIF=0,1000<0,01). Regresi linier menunjukan pengaruh signifikan dari smartphone terhadap sikap disiplin dan minat belajar siswa (p=0,000). Analisis regresi menunjukan adanya pengaruh signifikan antara smartphone terhadap sikap disiplin dan minat belajar siswa. Kesimpulan secara keseluruhan dari penelitian ini yaitu pengaruh smartphone terhadap sikap disiplin berdapak negatif, sedangkan terhadap minat belajar berdampak positif, dengan smartphone siswa bisa memanfaatkan media belajar dengan baik untuk meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 03 Jun 2025 10:14
Last Modified: 03 Jun 2025 10:14
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item
View Item