PENGARUH LESSON PLAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MATERI BILANGAN BERPANGKAT DI SMAS NUSANTARA INDAH SINTANG

Heronimus, Hero (2024) PENGARUH LESSON PLAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MATERI BILANGAN BERPANGKAT DI SMAS NUSANTARA INDAH SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (972kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Heronimus, 2024, Pengaruh Lesson Plan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X Materi Bilangan Berpangkat Di SMAS Nusantara Indah Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd, Pembimbing II: Beni Setiawan, M.Pd.

Kata Kunci: Lesson Plan, Pemahaman Konsep Matematis dan Bilangan Berpangkat

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting. Kenyataannya, siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan Lesson Plan berbasis teori APOS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan Lesson Plan berbasis teori APOS lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah siswa kelas X SMA Nusantara Indah Sintang Tahun Ajaran 2024/2025, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji – t didapat bahwa nilai sig 0,00<0,05, artinya H_a diterima dan H_0 ditolak. Kesimpulannya terdapat pengaruh lesson plan berbasis teori APOS terhadap kemampuan pemahan konsep matematis siswa. Dalam penerapan lesson plan, guru diharapkan agar dapat mempertimbangkan waktu sebaik mungkin dan memilih model pembelajaraan yang tepat sehingga pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diinginkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hero Nimus
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:52
Last Modified: 15 Jan 2025 01:52
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item
View Item