Henry Elisa, Henry Elisa and Yokie, Prasetya Dharma and Sijono, Sijono and Bintang, Drajat Setiawan and Angela, Septi Brigit and Hendra, Hendra and Maria, Yasinta Rita (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN INDEX CARD BAGI SISWA DI ASRAMA ST. YOHANES GABRIEL PERBOYRE. Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat. ISSN 2963-1661
2302-8019-1-PB.pdf
Download (342kB)
Abstract
Pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ditempuh oleh
siswa di Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan
sederajat. Sebagai salah satu mata pelajaran wajib, maka siswa diharapkan dapat menguasai materi
pelajaran Bahasa Inggris yang disampaikan di sekolah. Selain itu, sejak ditetapkan sebagai salah satu
pelajaran wajib bagi pelajar di Indonesia. Saat ini Bahasa Inggris berada pada urutan pertama diantara
beberapa bahasa lainnya yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Inggris dituturkan oleh
sekitar 1,13 Milyar penduduk dunia dan ada sekitar 60 negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Nasional atau Bahasa Resmi. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah menetapkan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib di sekolah formal di Indonesia. Sehingga perlu dilakukan berbagai hal untuk menunjang pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah bahkan di luar lingkungan pendidikan formal. Hal ini untuk membantu peserta didik memiliki motivasi dan minat dalam mempelajari Bahasa Inggris. Salah satu yang dapat dilakukan adalah menggunakan Index Card Game. Berdasarkan hasil studi pustaka dan observasi yang dilakukan oleh tim pengabdi. Selanjutnya tim pengabdi akan melaksanakan peningkatan penguasaan Bahasa Inggris bagi siswa yang tinggal di Asrama St. Yohanes Gabriel Perboyre yang berlokasi di Kilometer 4 Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi.
Kata Kunci : Bahasa Inggris, Index Card Game
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with username user1 |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 08:14 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:14 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/311 |