PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK MERAK KEDEMBAK AIR TABUN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Yuliyana Dita, Febrianti (2024) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK MERAK KEDEMBAK AIR TABUN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408137_COVER.pdf] Text
PBI_200408137_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200408137_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408137_BAB 1.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of PBI_200408137_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408137_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[thumbnail of PBI_200408137_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408137_BAB 3.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of PBI_200408137_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408137_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[thumbnail of PBI_200408137_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408137_BAB 5.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of PBI_200408137_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408137_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Yuliyana Dita Pebriani. 2024, Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap
Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TK Merak Kedembak Air Tabun Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Suryameng, M.Pd., Pembimbing II: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil., M.Psi. Kata kunci:Puzzle, Kognitif, Anak, Taman Kanak-kanak Perkembangan kognitif anak merupakan proses dimana individu dapat
meningkatkan kemampuan dalam menggunakan pengetahuannya yang meliputi persepsi, pikiran, simbol, penalaran dan kemampuan dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan puzzle
terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Merak Kedembak Air Tabun Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah semua anak kelompok B1 di TK Merak Kedembak Air Tabun yang berjumlah 24 siswa, yang merupakan sampel dari penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi teknik pengukuran, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan lembar rubrik penilaian, lembar wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperolah total nilai pretest sebesar 891dengan persentase rata-rata sebesar 48,8% dan total nilai
posttest sebesar 1348 dengan persentase rata-rata sebesar 73,9%. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Merak Kedembak Air Tabun Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil respon yang diberikan oleh siswa diperoleh
total nilai sebesar 367 dengan persentase rata-rata sebesar 95,6% yang artinya siswa merespon penggunaan permainan puzzle dalam pembelajaran perkembangan kognitif sangat baik. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample test diperoleh nilai sebesar (-19,415) dan sebesar (-2,074) sehingga > dan dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Merak Kedembak Air Tabun tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:08
Last Modified: 21 Oct 2025 07:08
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item
View Item