KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rani Marisa, Putri (2022) KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_180208044_COVER.pdf] Text
PBI_180208044_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_180208044_BAB 1.pdf] Text
PBI_180208044_BAB 1.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of PBI_180208044_BAB 2.pdf] Text
PBI_180208044_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of PBI_180208044_BAB 3.pdf] Text
PBI_180208044_BAB 3.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of PBI_180208044_BAB 4.pdf] Text
PBI_180208044_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of PBI_180208044_BAB 5.pdf] Text
PBI_180208044_BAB 5.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of PBI_180208044_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_180208044_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rani Marisa Putri, 2021. Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Disiplin Pada Kelompok B TK Pertiwi Sintang Tahun Pelajaran 2021/2022. Tugas Akhir. Program Studi Pendidikan Guru-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Suryameng, M.Pd, Pembimbing II : Fransiska, S.Psi.,M.Pd
Kata kunci : kolaborasi guru dan orang tua, kedisiplinan anak usia dini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) kolaborasi guru dan orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak. 2) metode yang digunakan guru dan orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak. 3) upaya yang digunakan guru dan
orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis data interaktif model Miles dan Humberman yang terdiri dari reduksi data,display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) kolaborasi guru dan orang tua dalam menanamkan disiplin pada anak sudah dilaksanakan yaitu menerapkan peraturan yang sama di sekolah dan di
rumah dalam mendisiplinkan anak, mendorong anak masuk sekolah tepat waktu, membantu menjaga kebersihan diri anak, dan mengajarkan anak dalam menggunakan fasilitas belajar. 2) metode yang dilakukan guru memberikan ganjaran dan pujian kepada anak, memberikan perhatian kepada anak, memberikan kasih sayang, sedangkan metode yang dilakukan orang tua memiliki
hubungan yang akrab dan harmonis, membuktikan ucapan yang telah disampaikan kepada anak, bersikap tegas kepada anak dalam mendisiplinkan anak, memberikan contoh kepada anak sesuai dengan aturan yang sudah disepakatidengan anak. 3) upaya yang dilakukan guru bersikap tegas kepada anak, tidak bersikap plin-plan, memberikan bimbingan kepada anak, menghindari anak dari
rasa jengkel, penanaman kemandirian, sedangkan upaya yang dilakukan orang tua pada anak yaitu memberikan keteladanan diri kepada anak, kebersamaan orang tua dengan anak-anak dalam merelasikan nilai-nilai moral, memberikan tugas dan tanggung jawab kepada anak dirumah, kemampuan orang tua untuk mengahayati dunia anak, konsekuensi logis yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, kontrol orang tua terhadap perilaku anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:15
Last Modified: 21 Oct 2025 07:15
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item
View Item