ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL TERHADAP ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 2 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Paula, Juliantri (2024) ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL TERHADAP ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 2 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408124_COVER.pdf] Text
PBI_200408124_COVER.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of PBI_200408124_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408124_BAB 1.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of PBI_200408124_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408124_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of PBI_200408124_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408124_BAB 3.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of PBI_200408124_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408124_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[thumbnail of PBI_200408124_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408124_BAB 5.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of PBI_200408124_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408124_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Paula Juliantri, 2024. Analisis strategi guru dalam menanamkan nilai moral terhadap anak usia dini di TK Negeri 2 Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sudarto, M.Pd Pembimbimng II: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi Kata kunci: Strategi Guru dan Nilai Moral Anak Usia Dini Penelitian ini berlatar belakang masalah tentang strategi guru dalam menanamkan nilai moral terhadap anak usia dini di TK Negeri 2 Sintang, permasalahannya adalah siswa kelas B3 suka berbohong, tidak mau menunggu giliran, kurang sopan dan membuang sampah sembarangan. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai moral, perkembangan moral dan faktor yang mempengaruhi perkembangan moral anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan kualitatif dan bentuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi guru dalam menanamkan nilai moral terhadap anak usia dini
sudah berjalan dengan baik, perkembangan nilai moral anak juga sudah berkembang dengan sangat baik, adapun faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai moral anak usia dini pada kelas B3 berasal dari faktor individu dan sosial. Kendatipun demikian guru telah menanamkan nilai moral terhadap anak usia dini melalui strategi keteladanan, pembaiasaan, stimulus,
bermain, pemberian reward dan bercerita. kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa kelas B3 sudah menunjukkan perilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan meskipun ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan nilai moral anak namun guru
menggunakan beberapa strategi agar perkembangan nilai moral anak usia dini dapat berkembang dengan baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:15
Last Modified: 21 Oct 2025 07:15
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item
View Item