PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI PADA TK A PAUD CENDIKIA DI NANGA NGERI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Natalia, Delanasari (2022) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI PADA TK A PAUD CENDIKIA DI NANGA NGERI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_180208039_COVER.pdf] Text
PBI_180208039_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_180208039_BAB 1.pdf] Text
PBI_180208039_BAB 1.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of PBI_180208039_BAB 2.pdf] Text
PBI_180208039_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of PBI_180208039_BAB 3.pdf] Text
PBI_180208039_BAB 3.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of PBI_180208039_BAB 4.pdf] Text
PBI_180208039_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[thumbnail of PBI_180208039_BAB 5.pdf] Text
PBI_180208039_BAB 5.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of PBI_180208039_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_180208039_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Natalia Delanasari. 2022. Peran Guru Dan Peran Orang Tua dalam Menanamkan Budi Pekerti pada TK A PAUD Cendikia Di Nanga Ngeri Tahun Pelajaran 2021/2022. Sikripsi, Program StudyStudi PG-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Yohanes Berkhamas Mulyadi, S.Fil, M.Psi, pembimbing II: Suryameng,
M.Pd Kata Kunci: Peran Guru Dan Orang Tua, Budi Pekerti
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dan peran orang tua dalam menanamkan budi pekerti pada TK A PAUD Cendikia di Nanga Ngeri tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan
data berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) peranan guru dalam penanaman budi pekerti pada anak adalah sebagai pendidik, mengajar dan membimbing, sebagai model dan teladan, motivator, pelatih dan
penasehat. Peran orang tua dalam menanamkan budi pekerti pada anak sebagai pemimpin, sebagai figur panutan, sebagai teman, sebagai pendidik. (2) faktor pendorong guru dalam menanamkan budi pekerti pada anak di TK A PAUD Cendikia adalah dukungan orang tua dan motivasi anak, sedangkan faktor penghambatnya perbedaan pola asuh orang tua perserta didik serta waktu pembelajaran yang terbatas. Adapun faktor yang menjadi pendorong orang tua dalam menanamkan budi pekerti pada anak di lingkungan keluarga adalah dukungan mengajarkan kejujuran, mengajarkan kedisiplinan, mengajarkan kesopanan dan mengajarkan tanggung jawab, sedangkan faktor penghambatnya adalah pribadi anak dan figur orang tua yang tidak mampu
memberikan keteladanan pada anak. (3) Upaya guru dan orang tua dalam menanamkan budi pekerti pada TK A PAUD Cendikia di Nanga Ngeri dalam menanamkan budi pekerti pada anak dengan mengajarakan anak berdoa, disiplin, jujur, demokratis, komunikasi, sedangkan upaya orang tua berusaha mendengarkan anak dengan baik, berusaha memahami tipe emosional anak dan introgasi anak dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:14
Last Modified: 21 Oct 2025 07:14
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2464

Actions (login required)

View Item
View Item