PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKANKEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A PAUD JOSEPH KHATULISTIWATAHUN PELAJARAN2022/2023

Merry, Suryani (2023) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKANKEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A PAUD JOSEPH KHATULISTIWATAHUN PELAJARAN2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_180208037_COVER.pdf] Text
PBI_180208037_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_180208037_BAB 1.pdf] Text
PBI_180208037_BAB 1.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of PBI_180208037_BAB 2.pdf] Text
PBI_180208037_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[thumbnail of PBI_180208037_BAB 3.pdf] Text
PBI_180208037_BAB 3.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of PBI_180208037_BAB 4.pdf] Text
PBI_180208037_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[thumbnail of PBI_180208037_BAB 5.pdf] Text
PBI_180208037_BAB 5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of PBI_180208037_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_180208037_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Merry Suryani, 2023. Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pembentukan Kemandirian Anak Kelompok A PAUD Joseph Khatulistiwa Tahun Pelajaran 2022/2023. Tugas Akhir. Program Studi Pendidikan Guru-PAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Sarayati, M.Pd, Pembimbing II : Yohanes Berkhmas Mulyadi, S. Fil., M.Psi Kata kunci : Peran guru dan orang tua, kemandirian anak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam membentuk kemandirian anak. 2) Untuk mendeskripsikan faktor peghambat yang mempengaruhi kemandirian anak. 3)
Untuk mendeskripsikan upaya sama guru dan orang tua dalam membentuk kamandirian anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif model Miles dan Humberman yang terdiri dari reduksi data,display data,
dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Peran guru dalam membangun kemandirian anak di PAUD Joseph Khatulistiwa dilakukan dengan cara mendampingi anak-anak yang belum mandiri maupun yang sudah mandiri tetapi untuk anak belum mandiri guru memberikan perhatian lebih. 2) Peran orangtua dalam membangun kemandirian Anak di PAUD Joseph
Khatulistiwa biasanya orangtua melakukan dengan cara membiasakan, mengarahkan dan disertai dengan memberikan contoh kepada anak untuk melakukan aktivitas sederhana yang menyangkut dirinya dan memberikan kepercayaan kepada anak untuk melakukan kegiatan sendiri. 3) Faktor penghambat yang mempengaruhi kemandirian anak seperti faktor bawaan, pola
asuh dan kondisi fisik anak. 4) Upaya guru dalam membangun Kemandirian Anak di PAUD Joseph Khatulistiwa seperti memberikan kesempatan kepada anak, jangan selalu membantu anak didik, memberikan waktu agar kemandiriannya
muncul, jangan berharap kesempurnaan ke semua anak, dan memberi pujian dan apresiasi untuk anak didik. 5) Upaya Orangtua dalam membangun Kemandirian Anak di PAUD Joseph Khatulistiwa seperti anak-anak didorong agar melakukan sendiri kegiatan sehari-hari, anak diberikan kesempatan untuk menentukan pilihannya sendiri, diberikan kesempatan untuk bermain sendiri dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri, ketika bermain dengan bersama bermainlah sesuai keinginan anak, dorong anak untuk mengungkapkan perasaan dan idenya, latih anak untuk bersosialisasi, anak diberi rasa tanggung jawab, dan memperhatikan kesehatan dan kekuatan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:14
Last Modified: 21 Oct 2025 07:14
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item
View Item