PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS PADA ANAK “N” DI KELOMPOK A TK SANTA MARIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024)

Jelia, Yusianada (2024) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK (STUDI KASUS PADA ANAK “N” DI KELOMPOK A TK SANTA MARIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408107_COVER.pdf] Text
PBI_200408107_COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PBI_200408107_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408107_BAB 1.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of PBI_200408107_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408107_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[thumbnail of PBI_200408107_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408107_BAB 3.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of PBI_200408107_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408107_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[thumbnail of PBI_200408107_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408107_BAB 5.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of PBI_200408107_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408107_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Jelia Yusianada, 2024. Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak (Studi Kasus Pada Anak “N” Di Kelompok A TK Santa Maria Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Pembimbing I: Adpriyadi, M.Pd., Pembimbing II: Sarayati, M.Pd
Kata kunci: Menstimulasi, Perkembangan Bahasa Anak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) peran guru dan orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok A di TK Santa Maria sintang tahun pelajaran 2023/2024, 2) faktor pendukung dan penghambat perkembangan bahasa pada anak kelompok A di TK Santa Maria Sintang Tahun pelajaran 2023/2024, 3) strategi dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok A di TK Santa Maria Sintang Tahun pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari 1 orang guru, 1 orang tua dan 1 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interactive Model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran guru dan orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok A di TK Santa Maria yaitu: Guru
sebagai pendidik memberikan pemahaman bagaimana disiplin dan menerapkan hidup sehat, sedangkan peran orang tua yaitu Parenting (pengasuhan) mengajarkan mengenal anggota tubuh. 2) faktor pendukung dan penghambat perkembangan bahasa pada anak kelompok A di TK Santa Maria yaitu. faktor pendukung yaitu
kecerdasan anak, mengenalkan anak tentang binatang berkaki dua, sedangkan faktor penghambat yaitu jenis kelamin bagaimana mengenalkan jenis permainan. 3) strategi dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak pada kelompok A di TK
Santa Maria sintang yaitu: bernyanyi guru mengajak anak N benyanyi kepala pundak lutut kaki sambil bergerak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dan orang tua sangat lah penting dalam menstimulasi perkembangan
bahasa terhadap anak N dengan beberapa faktor pendukung kecerdasan dan faktor penghambat jenis kelamin yang dapat menghambat perkembangan bahasa anak, salah satu strategi dalam menstimullasi perkembangan bahasa anak yaitu belajar
sambil bermain seperti bernyanyi sebagai cara untuk merangsang perkembangan bahasa anak, sehingga melibatkan interaksi dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:17
Last Modified: 21 Oct 2025 07:17
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item
View Item