PENYESUAIAN DIRI GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK (STUDI KASUS ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER BERINISIAL “JF”) DI TK PELITA SEMITAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Fransiska, Riska (2024) PENYESUAIAN DIRI GURU DAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK (STUDI KASUS ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER BERINISIAL “JF”) DI TK PELITA SEMITAU HILIR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408103_COVER.pdf] Text
PBI_200408103_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200408103_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408103_BAB 1.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of PBI_200408103_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408103_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[thumbnail of PBI_200408103_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408103_BAB 3.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of PBI_200408103_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408103_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of PBI_200408103_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408103_BAB 5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of PBI_200408103_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408103_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fransiska Riska. 2024. Penyesuaian Diri Guru Dan Orang Tua Terhadap Perilaku Anak (Studi Kasus Anak Autism Spectrum Disorder Berinisial “Jf”) Di Tk Pelita Semitau Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi. Pembimbing II: Suryameng, M.Pd. Kata Kunci: Penyesuaian Guru Dan Orang Tua, Perilaku Anak Autis Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya memahami bagaimana guru dan orang tua menyesuaikan diri terhadap perilaku anak dengan gangguan
Autis. Hal ini dapat memberikan informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengasuhan bagi anak-anak dengan Autis Spectrum Disorder atau anak berkebutuhan khusus lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri guru dan orang tua terhadap perilaku anak Autis. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua dapat melakukan penyesuaian diri terhadap perilaku anak autism spectrum disorder dengan mengacu pada beberapa
aspek, yaitu: 1) Aspek proses penyesuaian diri: Kematangan emosi, kematangan intelektual, dan kematangan sosial, 2) Aspek faktor pendukung: Faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan sosial, dan faktor lingkungan sekolah, 3) Aspek faktor penghambat: Kondisi anak yang mudah menangis dan kondisi anak
yang hiperaktif. Selain itu, guru dan orang tua juga melakukan beberapa upaya untuk dapat menyesuaikan diri terhadap perilaku anak autism spectrum disorder, yaitu: Menerima kondisi anak dengan autism spectrum disorder sebagai anugerah
dari Tuhan yang harus disyukuri. Memberikan terapi dan pengobatan yang sesuai untuk mendukung perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:18
Last Modified: 21 Oct 2025 07:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item
View Item