PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELOMPOK B DI TK TAMAN KARYA TAHUN PELAJARAN

Evi, Melianti (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELOMPOK B DI TK TAMAN KARYA TAHUN PELAJARAN. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308065_COVER.pdf] Text
PBI_190308065_COVER.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of PBI_190308065_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308065_BAB 1.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of PBI_190308065_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308065_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[thumbnail of PBI_190308065_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308065_BAB 3.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of PBI_190308065_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308065_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[thumbnail of PBI_190308065_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308065_BAB 5.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of PBI_190308065_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308065_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Evi Melianti. 2023, Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelompok B di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Sudarto, M.Pd ; Pembimbing II: Fransiska, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci: Peran, Orang Tua,Karakter, Religius, Siswa TK B.
Penelitian ini dilakukan karena kurangnya kesadaran orang tua dalam menanamkan karakter religius pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan; 1) Peran orang tua dalam menanamkan karakter religius pada siswa kelompok B di TK Taman Karya, 2) Nilai-nilai religius yang ditanamkan pada siswa kelompok B di TK Taman Karya, 3) Metode yang dilakukan orang tua dalam menanamkan karakter religius pada siswa kelompok B di TK Taman Karya. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari 8 siswa dan 8 orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang
terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa;1) Peran orang tua dalam menanamkan karakter religius pada siswa kelompok B di TK Taman Karya sudah sesuai dengan 3 indikator yaitu dengan cara mengembangkan keagamaan pada
anak, membina dan membentuk pribadi anak dan memberi contoh teladan, 2) Nilai-nilai religius yang ditanamkan orang tua pada siswa kelompok B di TK Taman Karya sudah sesuai dengan 8 indikator yang dipahami oleh orang tua yaitu kejujuran, keadilan, rendah hati, bekerja efisien, visi ke depan, bermanfaat bagi
orang lain, disiplin tinggi, serta keseimbangan, 3) Metode yang dilakukan orang tua dalam menanamkan karakter religius pada siswa kelompok B di TK Taman Karya dari 5 indikator hanya ada 3 indikator yang sudah diterapkan oleh orang tua yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasehat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa orang tua sudah menanamkan karakter religius pada siswa kelompok B di TK Taman Karya Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penanaman nilai-nilai religius dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan nasehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:18
Last Modified: 21 Oct 2025 07:18
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2436

Actions (login required)

View Item
View Item