GAYA BAHASA DAN TEKNIK PERSUASIF PADA IKLAN PASTA GIGI DI YOUTUBE TAHUN 2020

Bibie Aryo, Saputra (2021) GAYA BAHASA DAN TEKNIK PERSUASIF PADA IKLAN PASTA GIGI DI YOUTUBE TAHUN 2020. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1713041412_COVER.pdf] Text
PBI_1713041412_COVER.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of PBI_1713041412_BAB 1.pdf] Text
PBI_1713041412_BAB 1.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of PBI_1713041412_BAB 2.pdf] Text
PBI_1713041412_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of PBI_1713041412_BAB 3.pdf] Text
PBI_1713041412_BAB 3.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of PBI_1713041412_BAB 4.pdf] Text
PBI_1713041412_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[thumbnail of PBI_1713041412_BAB 5.pdf] Text
PBI_1713041412_BAB 5.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of PBI_1713041412_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1713041412_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bibie Aryo Saputra. 2021, Gaya Bahasa dan Teknik Persuasif pada Iklan Pasta Gigi di Youtube Tahun 2020. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yudita Susanti, S.S., M.Pd. Pembimbing II: Debora Korining Tyas, M.Pd Kata kunci : Gaya Bahasa Teknik Persuasif
Latar penelitian ini adalah gaya bahasa teknik persuasif yang terdapat dalam iklan pasta gigi di youtube tahun 2020 menggunakan bahasa yang menarik, indah serta menggunakan bahasa kiasan atau gaya bahasa teknik persuasif. Fokus penelitian
tentang jenis gaya bahasa, makna gaya bahasa dan teknik persuasif pada iklan pasta gigi di youtube tahun 2020. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa, makna gaya bahasa dan teknik persuasif pada iklan pasta gigi di youtube tahun 2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, bentuk penelitian studi pustaka. Pengumpulan data menggunakan teknik simak catat atau
dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa dokumen dan kartu data. Hasil analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan terdapat enam jenis gaya bahasa metafora terdapat 3 data, personifikasi terdapat 20 data, dipersonifikasi terdapat 2 data, antitesis 1 data, pleonasme dan tautologi terdapat 6 data dan periprasis terdapat 3 data. Gaya
bahasa pertautan terdiri dari lima jenis yaitu, metonimia terdapat 24 data, sinekdoke terdapat 10 data, eponim terdapat 1 data, epitet terdapat 1 data dan antonomasia terdapat 1 data. Gaya bahasa perulangan terdiri dari tiga jenis yaitu, antanaklasis terdapat 18 data, mesodiplosis terdapat 1 data, dan epanalepsis terdapat 1 data. Sedangkan hasil penelitian dari teknik persuasif ditemukan 6
teknik persuasif. Jadi terdapat 92 jenis gaya bahasa dan terdapat enam teknik persuasif dalam iklan pasta gigi di youtube tahun 2020. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada iklan, dengan mempromosikan iklan di youtube bisa membuat konsumen menyukai hasil produk yang telah dipasarkan. Iklan dapat mempegaruhi bentuk ideologi serta banyak menggunakan gaya bahasa. Penelitian
ini dapat mempengaruhi bentuk ideologi yang tepat. Penelitan ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII tingkat SMP 3.3, yaitu mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster yang terdapat dalam gaya bahasa dan teknik persuasif pada iklan pasta gigi di youtube tahun 2020. Dalam karya sastra gaya bahasa iklan, terdapat jenis-jenis, makna, dan teknik persuasif merupakan kajian paling cocok untuk menganalisis jenis-jenis, makna, dan teknik persuasif dalam karya sastra gaya bahasa iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:28
Last Modified: 21 Oct 2025 07:28
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item
View Item