ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SATU ATAP SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ana, Kurniawati (2023) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM MENULIS CERITA FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SATU ATAP SEBERUANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1915041481_COVER.pdf] Text
PBI_1915041481_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1915041481_BAB 1.pdf] Text
PBI_1915041481_BAB 1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of PBI_1915041481_BAB 2.pdf] Text
PBI_1915041481_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[thumbnail of PBI_1915041481_BAB 3.pdf] Text
PBI_1915041481_BAB 3.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of PBI_1915041481_BAB 4.pdf] Text
PBI_1915041481_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[thumbnail of PBI_1915041481_BAB 5.pdf] Text
PBI_1915041481_BAB 5.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of PBI_1915041481_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1915041481_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ana Kurniawati 1915041481. 2023, Analisis Kesalahan Berbahasa dalamMenulis Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap SeberuangTahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pemimbing I : YuditSusanti, S.S., M.Pd., Pembimbing II : Sri Astuti, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Menulis Cerita Fabel Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah kesalahan berbahasa dalam menulicerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang yaitukesalahan berbahasa penggunaan ejaan dalam menulis cerita fabel pada siswkelas VII dan penyebab kesalahan berbahasa dalam menulis cerita fabel padsiswa kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui danmengidentifikasi jenis-jenis kesalahan berbahasa penggunaan ejaan dalammenulis cerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang; dan (2) untuk mengetahui penyebab kesalahan dalam menulis cerita fabel pada siswkelas VII di SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII dalampenelitian ini siswa ditugaskan membuat cerita fabel berdasarkan ide yang telahdirencanakan. Objek penelitian adalah cerita fabel siswa kelas VII. Teknikpengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik wawancara, dan dokumentasiAlat pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar wawancara, dandokumentasi. Analisis pada penelitian ini yaitu peneliti menganailisis hasil ceritfabel yang dibuat siswa. Hasil penelitian ini adalah ditemukan (1) kesalahanpemakaian huruf kapital yang meliputi kesalahan pemakaian huruf kapital padajudul cerita fabel, nama tokoh, penulisan kata diawal kalimat, penulisan katbukan awal kalimat, dan penulisan kata pada awal kalimat percakapan, (2kesalahan pemakaian tanda baca meliputi tanda titik, tanda koma, tanda hubungtanda tanya, tanda seru, dan tanda petik, (3) kesalahan penulisan kata meliputkata ganti, kata depan, dan partikel pun. Penyebab kesalahan berbahasa terdapat 3yaitu tidak fokus pada saat pembelajaran, waktu terbatas, dan pengajaran bahasyang kurang tepat atau kurang sempurna. Berdasarkan hasil penelitian
kesimpulannya adalah terjadi kesalahan barbahasa dalam menulis cerita fabe pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Seberuang Tahun Pelajaran2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:29
Last Modified: 21 Oct 2025 07:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item
View Item