Kristina, Julia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JABARANG MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
MATEMATIKA_200310034_Tittle.pdf
Download (784kB)
MATEMATIKA_200310034_Chapter 1.pdf
Download (199kB)
MATEMATIKA_200310034_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (428kB)
MATEMATIKA_200310034_Chapter 3.pdf
Download (432kB)
MATEMATIKA_200310034_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (388kB)
MATEMATIKA_200310034_Chapter 5.pdf
Download (267kB)
MATEMATIKA_200310034_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Matematika_200310034_BAS_TA.pdf
Download (145kB)
Matematika_200310034_S_TA.pdf
Download (76kB)
Matematika_200310034_SKU_TA.pdf
Download (82kB)
Matemtika_200310034_BAS_TA.pdf
Download (124kB)
Matmatika_200310034_USP_TA.pdf
Download (82kB)
Matematika_200310034_USP_TA.pdf
Download (86kB)
Abstract
Kristina Julia Wati Andap, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran JABARANG Matematika Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Pada Materi Bangun Ruamg Sisi Data Kubus Dan Balok.. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Beni Setiawan M.Pd.,
pembimbing 2: Olenggius Jiran Dores M.Pd.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Konsep, Balok dan
Kubus, Budaya Lokal, JABARANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 12 Putussibau, yang disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan budaya lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran JABARANG (jaring-jaring bangun ruang) matematika berbasis budaya lokal, serta menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan, soal pretest dan posttest, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran JABARANG matematika berbasis budaya lokal dinyatakan valid oleh ahli media dengan skor 0,91 dan oleh ahli materi dengan skor 0,81, yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". 2) Uji kepraktisan menunjukkan bahwa media ini sangat praktis dengan persentase 86,8%.. 3) Uji keefektifan menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan nilai N-Gain sebesar 94%, yang termasuk dalam kategori"Efektif". 4) Respon siswa terhadap media pembelajaran JABARANG menunjukkan kategori "Baik" dengan persentase 78,05%.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran JABARANG matematika berbasis budaya lokal valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Media ini juga mendapatkan respon positif dari siswa, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Harapannya, guru bisa menggunakan media pembelajaran JABARANG yang berbasis budaya lokal ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Kristina Julia Wati Andap |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:29 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 07:29 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2333 |

