PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 SINTANG

heronimus, afra (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of EKONOMI-2117031280_Tittle.pdf] Text
EKONOMI-2117031280_Tittle.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of EKONOMI-2117031280_Chapter 1.pdf] Text
EKONOMI-2117031280_Chapter 1.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of EKONOMI-2117031280_Chapter 2.pdf] Text
EKONOMI-2117031280_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of EKONOMI_2117031280_Chapter 3.pdf] Text
EKONOMI_2117031280_Chapter 3.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of EKONOMI_2117031280_Chapter 5.pdf] Text
EKONOMI_2117031280_Chapter 5.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of EKONOMI_2117031280_Chapter 4.pdf] Text
EKONOMI_2117031280_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[thumbnail of EKONOMI-2117031280_Appendix.pdf] Text
EKONOMI-2117031280_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of EKONOMI-2117031280_BAS_TA.pdf] Text
EKONOMI-2117031280_BAS_TA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of EKONOMI-2117031280_BAU_TA.pdf] Text
EKONOMI-2117031280_BAU_TA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of SK Penguji Proposal dan Undangan Seminar Proposal.pdf] Text
SK Penguji Proposal dan Undangan Seminar Proposal.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of SK Penguji TA dan Undangan Ujian Skripsi.pdf] Text
SK Penguji TA dan Undangan Ujian Skripsi.pdf

Download (229kB)

Abstract

Heronimus Afra. 2025, Pengaruh Media Pembelajaran VideoTerhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Anna Marganingsih, S.E., M.Pd., Pembimbing II : Avelius Domininggus Sore, S.E., M.Pd

Kata kunci: media video pembelajaran; hasil belajar; siswa SMP

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Sintang, khususnya pada materi yang membutuhkan pemahaman konseptual. Media pembelajaran konvensional dinilai kurang mampu menarik minat belajar siswa, sehingga diperlukan inovasi media berupa video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Bentuk penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi/empel penelitian adalah siswa kelas VIII yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Siswa pada kelompok eksperimen memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Media pembelajaran video terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SMP dengan pehitunagn gain hake kelas kontrol sbesar 0,040 dan kelas eksperimen sebesar 0,50 . Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat mendorong guru untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan media berbasis teknologi, khususnya video, sebagai alternatif pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan motivasi serta prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heronimus Afra
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:29
Last Modified: 21 Oct 2025 07:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item
View Item