PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS IV SDN 17 KELANGAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Yustina Novita, Sari (2022) PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS IV SDN 17 KELANGAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061558_COVER.pdf] Text
PBI_1809061558_COVER.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of PBI_1809061558_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061558_BAB 1.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of PBI_1809061558_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061558_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of PBI_1809061558_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061558_BAB 3.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of PBI_1809061558_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061558_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[thumbnail of PBI_1809061558_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061558_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Yustina Novita Sari. 2022, Penerapan Metode Small Group Discussionuntuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas IV SDN 17 Kelangau Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M. Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S. TP., M.M.Kata Kunci: Small Group Discussion, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar dan sikap nasionalisme siswa kelas IV SDN 17 Kelangau. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap nasionalisme pada tema 9 subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan metode small group discussion di SDN 17 Kelangau. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan metode penelitian adalah deskriptif. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dan penelitian berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Kelangau. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil belajar siswa menunjukan bahwa pada tindakan siklus I dengan
nilai rata-rata 64,78, tingkat ketuntasan klasikal 52,17% (kurang) sedangkan pada tindakan siklus II dengan nilai rata-rata 76,91 tingkat ketuntasan klasikal 91,30% (sangat baik). (2) sikap nasionalisme pada siklus I terdapat 12 siswa atau 52,17%
(kurang) dari keseluruhan siswa mempunyai penghayatan sikap nasionalisme dan siklus II menunjukkan bahwa 21 siswa atau 91,30% (sangat baik) dari keseluruhan siswa mempunyai penghayatan sikap nasionalisme telah memenuhi indikator keberhasilan. (3) Respon siswa dilihat dari hasil wawancara guru dan siswa dapat dikatakan sangat baikkarena siswa dapat berinteraksi selama proses
pembelajaran, tertib pada saat proses pembelajaran, semangat dan mudah memahami materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap nasionalisme siswa di SDN 17 Kelangau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:29
Last Modified: 21 Oct 2025 07:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item
View Item