ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM SHALAT DHUHA DAN LITERASI SEKOLAH DI KELAS II B SD ISLAM TERPADU BUAH HATI SINTANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023

Felisa, Mifthauda (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM SHALAT DHUHA DAN LITERASI SEKOLAH DI KELAS II B SD ISLAM TERPADU BUAH HATI SINTANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1910061683_COVER.pdf] Text
PBI_1910061683_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1910061683_BAB 1.pdf] Text
PBI_1910061683_BAB 1.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of PBI_1910061683_BAB 2.pdf] Text
PBI_1910061683_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[thumbnail of PBI_1910061683_BAB 3.pdf] Text
PBI_1910061683_BAB 3.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of PBI_1910061683_BAB 4.pdf] Text
PBI_1910061683_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[thumbnail of PBI_1910061683_BAB 5.pdf] Text
PBI_1910061683_BAB 5.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of PBI_1910061683_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1910061683_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Felisa Miftahuda, 2023. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Melalui Program Shalat Dhuha dan Literasi Sekolah di Kelas II B SD Islam Terpadu Buah Hati Sintang Tahun Ajaran 2022/ 2023. Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi Wibowo, M.Pd. Pembimbing II: Tedi Suryadi, M.Pd.
Kata kunci: Nilai Pendidikan Karakter, shalat dhuha, literasi Sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Nilai Pendidikan Karakter Melalui Program Shalat Dhuha dan Literasi Sekolah di Kelas II B SD Islam Terpadu Buah Hati Sintang Tahun Ajaran 2022/ 2023, kecamatan sintang, kabupaten sintang. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Nilai Pendidikan Karakter Melalui Program Shalat Dhuha Dan Literasi Sekolah Di Kelas II B SD Islam Terpadu Buah Hati Sintang Tahun Ajaran 2022/ 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data berupa catatan lapangan, lembar wawancara, lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter melalui program shalat dhuha dan literasi sekolah melalui program shalat dhuha dan literasi sekolah di kelas II B SD Islam Terpadu Buah Hati Sintang. Manfaat penelitian ini terdiri dari manfaat praktis dan teoritis.
Hasil dari penelitian ini adalah Pelaksanaan program pembiasaan shalat dhuha di SD Islam Terpadu Buah Hati Sintang di laksanakan setiap hari secara terus menerus. Shalat dhuha ini dilaksanakan secara berjamaah dan mandiri. Implementasi gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter siswa dengan kegiatan berbasis kelas, kegiatan berbasis budaya sekolah dan kegiatan berbasis
lingkungan masyarakat, nilai pendidikan karakter melalui program shalat dhuha dan literasi sekolah di kelas II B SD Islam Terpadu Buah Hati Sintang sudah sangat baik, apa yang guru ajarkan sudah tertanam di pola pikir siswa. Faktor pendukung penanaman nilai pendidikan karakter siswa adalah lingkungan sekolah dan sosial dimana yang menjadi tempat anak berkembang dalam kesehariannya, sarana dan prasarana, peran guru, antusias siswa. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya tempat pelaksanaan shalat dhuha, siswa yang datang terlambat, siswa yang terlalu aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:16
Last Modified: 22 Oct 2025 02:16
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item
View Item