Safira, Maharani (2021) STUDI META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_141006891_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_141006891_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_BAB 1.pdf
Download (330kB)
![[thumbnail of PBI_141006891_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (362kB)
![[thumbnail of PBI_141006891_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_BAB 3.pdf
Download (628kB)
![[thumbnail of PBI_141006891_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (357kB)
![[thumbnail of PBI_141006891_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_BAB 5.pdf
Download (201kB)
![[thumbnail of PBI_141006891_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_141006891_LAMPIRAN.pdf
Download (18MB)
Abstract
Safira Maharani. 2021. Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Example non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi Wibowo, M.Pd. Pembimbing II: Evi Fitrianingrum, M.Pd. Kata Kunci: Meta-Analisis, Example non example, Hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi Indonesia yang masuk kedalam
negara dengan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, pernyataan tersebut diambil berdasarkan hasil temuan survei internasional yang dilakukan oleh PISA (Programme for International Student Assesment), berturut-turut nilai Membaca, Matematika, dan Sains dari hasil tes di tahun 2018 adalah 371, 379, dan 396, dengan hasil tersebut maka Indonesia termasuk kedalam 10 negara
dengan hasil belajar terendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Example non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif terhadap analisis hasil publikasi penelitian ilmiah. Pengaruh penelitian-penelitian yang menerapkan pembelajaran Example non Example dianalisis dengan teknik
meta-analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel publikasi ilmiah berupa jurnal berskala nasional di Indonesia tentang penggunaan model pembelajaran Example non Example tahun 2010-2020. Sampel yang diambil adalah artikel publikasi ilmiah tentang pembelajaran Example non Example terhadap hasil
belajar siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari artikel yang relevan atau berkaitan dengan topik yang akan diteliti dalam situs jaringan internet. Unit dasar studi meta-analisis adalah Effect Size, maka untuk menjawab rumusan masalah penelitian digunakan perhitungan dengan teknik analisis besaran pengaruh (effect size). Temuan penelitian menunjukkan secara
keseluruhan penelitian-penelitian yang dilakukan bahwa penggunaan model Example non Example berpengaruh dan efektif digunakan untuk menigkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai effect size sebesar 0.44 dengan kategori efek rendah, dengan kata lain model Example non Example
dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen 0.44 kali lebih besar dari pengaruh kelas kontrol. Berdasarkan analisis artikel publikasi juga diketahui bahwa model Example non Example efektif diterapkan pada kelompok kelas atas dan kelas bawah, model ini juga berhasil diterapkan di berbagai wilayah
di Indonesia seperti Pulau Bali, Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan NTB, dan model Example non Example ini juga efektif digunakan pada mata pelajaran IPA, IPS, Tematik dan Pkn.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:25 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2227 |