Ricky Martin, Ransan (2022) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SDN 25 NANGA DANAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061545_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_COVER.pdf
Download (957kB)
![[thumbnail of PBI_1809061545_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_BAB 1.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of PBI_1809061545_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (573kB)
![[thumbnail of PBI_1809061545_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_BAB 3.pdf
Download (698kB)
![[thumbnail of PBI_1809061545_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (513kB)
![[thumbnail of PBI_1809061545_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_BAB 5.pdf
Download (210kB)
![[thumbnail of PBI_1809061545_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061545_LAMPIRAN.pdf
Download (14MB)
Abstract
Ricky Martin Ransan. 2022, Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 6 Subtema 1 Aku dan Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri 25 Nanga Danau Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd., Pembimbing II: Markus Iyus Supiandi, M.Pd. Kata Kunci:Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar. Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 6 subtema 1 aku dan cita-citaku menggunakan penerapan pendekatan saintifik
berbasis multiple intelligences di SD Negeri 25 Nanga Danau. Menggunakan pendekatan kualitatif bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 60% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 87,5% berkategori baik. (2) hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan rata-rata sebesar 63,47, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 84,5 dengan kategori tuntas, dengan ketuntasan sebesar 90% pada siklus II. Pada ranah afektif nilai rata-rata siklus I sebesar 63,8 (kurang), sedangkan pada
siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,35 (baik), pada ranah psikomotorik nilai rata-rata siklus I sebesar 62,25 (kurang), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,3 (baik). (3) respon siswa dilihat dari hasil angket siklus I sebesar 40% (kurang) dan pada siklus II 90% (baik) dan hasil wawancara sangat baik karena siswa dapat memahami isi pembelajaran, tertib saat proses pembelajaran, semangat dan senang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa penerapan pendekatan saintifik berbasis multipleintelligences dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 25 Nanga Danau.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:27 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2217 |