Renete Erika Sari, Jorina (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR: STUDI META-ANALISIS. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1607061173_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1607061173_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_BAB 1.pdf
Download (342kB)
![[thumbnail of PBI_1607061173_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (478kB)
![[thumbnail of PBI_1607061173_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_BAB 3.pdf
Download (712kB)
![[thumbnail of PBI_1607061173_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (596kB)
![[thumbnail of PBI_1607061173_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_BAB 5.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of PBI_1607061173_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061173_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Renete Erika Sari Jorina.2021, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Studi Meta-Analisis. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I: Dr. Daniel Dike, S.S.,M.Pd., Pembimbing II: Suryameng, M.Pd. Kata Kunci: PBL,IPA,SD,Meta-Analisis. Penelitian ini dilatar belakangi belum ditemukan adanya penelitian lanjutan untuk mengukur besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, sehingga peneliti melakukan penelitian studi meta-analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap pembelajaran IPA disekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode dan
bentuk penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan bentuk penelitian meta analisis. Tahapan yang dilakukan peneliti dengan cara: (1). Melakukan tinjauan pustaka atau memperbanyak literatur untuk menentukan perumusan masalah penelitian, (2). Mencari laporan penelitian atau artikel yang
relevan atau yang berkaitan dengan topik yang hendak diteliti, (3). Mempelajari dan menilai artikel untuk mencari bagian yang akan diteliti,(4). Menganalisis dan menafsirkan artikel, (5). Menyusun hasil laporan. Data dikumpulkan melalui alat pengumpulan data berupa google cendikia, garuda dan research Gate, data yang dikumpulkan berupa hasil terpublikasi penelitian ilmiah pada jurnal nasional
dengan sampel sebanyak 10 artikel jurnal. 10 data yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis menggunakan teknik analisis data effect size. Berdasarkan hasil analisis ternyata model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki besar pengaruh terhadap keseluruhan dengan rata-rata effect size 1,08 ( kategori efek
tinggi), effect size terhadap jenjang kelas sebesar 0,93 (kategori efek tinggi), media pembelajaran yang digunakan diperoleh rata-rata effect size sebesar 1,61 (kategori efek sangat tinggi), dan berdasarkan aspek variabel terikat rata-rata effect size yang diperoleh sebesar 0,83 (kategori efek sangat tinggi).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:27 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2216 |