HUBUNGAN ANTARA MINAT MENARI SISWA KELAS V DENGAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DI SD NEGERI 05 GURUNG KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Oktavianti Ayuni, Anglasari (2022) HUBUNGAN ANTARA MINAT MENARI SISWA KELAS V DENGAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DI SD NEGERI 05 GURUNG KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061591_COVER.pdf] Text
PBI_1809061591_COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PBI_1809061591_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061591_BAB 1.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of PBI_1809061591_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061591_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[thumbnail of PBI_1809061591_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061591_BAB 3.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of PBI_1809061591_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061591_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[thumbnail of PBI_1809061591_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061591_BAB 5.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of PBI_1809061591_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061591_LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Oktavianti Ayuni Anglasari. 2022, Hubungan Antara Minat Menari Siswa Kelas V Dengan Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) di SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M.Pd. Pembimbing II: Rusdi, M.Sn. Kata Kunci : Minat Menari, Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat menari siswa kelas V SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat menari siswa kelas V dengan pembelajaran senibudaya dan prakarya (SBdP) materi seni tari di SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas hulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian adalah korelasi.
Dengan variabel bebas adalah minat menari dan variabel terikat adalah pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 5 siswa dan akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumen. Selanjutnya, minat menari dan pembelajaran senibudaya dan prakarya (SBdP) di analisis menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil angket minat menari siswa memperoleh rata-rata sebesar 61,2 dalam kategori cukup. Hasil belajar pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) materi seni tari memperoleh nilai rata-rata sebesar 71 dengan kategori cukup. Hasil uji korelasi antara minat menari dengan pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP) adalah sebesar 0,976. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang signifikan antara minat menari siswa kelas V dengan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) SD Negeri 05 Gurung Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:28
Last Modified: 22 Oct 2025 02:28
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2199

Actions (login required)

View Item
View Item