ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 17 SP.2 C PAOH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurul, Qariah (2021) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV SDN 17 SP.2 C PAOH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061393_COVER.pdf] Text
PBI_1708061393_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061393_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061393_BAB 1.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of PBI_1708061393_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061393_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[thumbnail of PBI_1708061393_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061393_BAB 3.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of PBI_1708061393_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061393_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of PBI_1708061393_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061393_BAB 5.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of PBI_1708061393_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061393_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nurul Qariah, 2021.Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid19 Di kelas IV SDN 17 SP.2 C Paoh Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dwi Cahyadi Wibowo, M.Pd., Pembimbing II: Lusila Parida, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Pendidikan merupakan salah satu bidang yang berimbas pandemi covid-19. Pendidikan yang selama ini dilakukan secara tatap muka mau tidak mau harus dilakukan secara tidak langsung yang dikenal dengan istilah daring. Hal ini
menyebabkan guru, murid, dan orang tua harus menyesuaikan diri dengan pola pembelajaran ini. Bagi sebagian guru yang tidak mahir dalam penggunaan teknologi akan merasa terkejut dan harus segera beradaptasi, demikian juga murid dan orang tua. Orang tua menjadi guru dirumah yang mengawasi pembelajaran anaknya, sedangkan guru sebagai penyampai materi pembelajaran. Sehingga
mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan (1) kegiatan pembelajaran pada masa pandemi (2) motivasi belajar siswa pada masa pandemi (3) upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas IV SDN 17 SP.2 C Paoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrument penelitian berupa angket dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada masa pandemi
covid-19 yaitu dengan menerapkan pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring dan penugasan. Motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 termasuk kedalam kategori cukup baik dengan persentase 57,14%. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan reward atau penghargaan lewat lisan dan nilai, memberikan tugas kelompok, menerapkan pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring dan pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:27
Last Modified: 22 Oct 2025 02:27
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item
View Item