Neni Yulia, Rahmawati (2021) META ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1607061170_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1607061170_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_BAB 1.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of PBI_1607061170_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (347kB)
![[thumbnail of PBI_1607061170_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_BAB 3.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of PBI_1607061170_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (451kB)
![[thumbnail of PBI_1607061170_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_BAB 5.pdf
Download (295kB)
![[thumbnail of PBI_1607061170_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1607061170_LAMPIRAN.pdf
Download (7MB)
Abstract
Rahmawati, Neni Yulia. 2021. Meta AnalisisPenerapan Model PembelajaranKooperatifTipeNumbered Head Together
(NHT) untukMeningkatkanHasilBelajarMatematikaSiswaSekolahDasar. Skripsi. Program Studi PGSDSTKIP PersadaKhatulistiwaSintang.Pembimbing I: Andri, M. Pd., Pembimbing II: Muhammad RianSubekti, M. Pd., AIFO-P. Kata Kunci : Meta-Analisis, HasilBelajarmatematika, Numbered Head Together
(NHT) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Effect size menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif, pada pembelajaran matematika siswa Sekolah Dasar (SD).Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan variable terikat adalah hasil belajar matematika. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metaanalisis bersifat eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel publikasi ilmiah berupa jurnal berskala nasional di Indonesia. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar data kode (coding data). Sumber pengumpulan data yang digunakan adalah situs jaringan internet, antara lain seperti Portal Garuda, Google Cendekia, Directory Of Open Accses Journals (DOAJ), SINTA, Moraref dan E-resource Perpusnas. Teknik analisis data yang digunakan adalah effect size. Hasil penelitian effect size berdasarkan kelas yaitu pada kelas IV sebesar 2,35dengan kategori
effect size sangat tinggi dan Kelas V sebesar 0,98 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian effect size hasil belajar matematika siswa secara keseluruhan yaitu 1,66 dengan kategori effect size sangat tinggi. Kesimpulannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terdapat pengaruh yang sangat
tinggi terhadap hasil belajar kognitif pada pelajaran matematika siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:29 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:29 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2183 |