Markorius, Peri (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD NEGERI 09 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
PBI_1708061391_COVER.pdf
Download (1MB)
PBI_1708061391_BAB 1.pdf
Download (185kB)
PBI_1708061391_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
PBI_1708061391_BAB 3.pdf
Download (327kB)
PBI_1708061391_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (793kB)
PBI_1708061391_BAB 5.pdf
Download (94kB)
PBI_1708061391_LAMPIRAN.pdf
Download (8MB)
Abstract
Markorius Peri. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kristis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas VA SD Negeri 09 Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd, Pembimbing II : Dwi Cahyadi Wibowo, M.Pd.
Kata Kunci : Analisis Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita, Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VA SD Negeri 09 Sintang tahun pelajaran 2020/2021. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas VA dengan
jumlah 29 orang dan Guru kelas VA SD Negeri 09 Sintang. Data penelitian dikumpulkan melalui soal tes, lembar wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkanhasil penelitian diperoleh: 1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VA SD Negeri 09 Sintang sebesar
49,73 % kategori rendah, indikator Interpretasi sebesar 27,80 %, indikator Analisis sebesar 57,32 %, indikator Evaluasi sebesar 60,34 %, dan indikator Inferensi sebesar 53,45 %. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VA SD Negeri 09 Sintang yaitu faktor psikologis belajar yang meliputi perkembangan intelektual, motivasi, dan kecemasan, faktor fisiologi yang meliputi kondisi fisik, faktor kemandirian belajar, dan faktor interaksi. 3) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VA SD Negeri 09 Sintang yaitu pengelolaan kelas, menggunakan pendekatan dan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan interaksi antara guru dan siswa, dan melakukan evaluasi pembelajaran yang dapat merangsang proses berpikir siswa yang kuat dan cepat. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di kelas VA SD Negeri 09
Sintang tahun pelajaran 2020/2021 tergolong kategori rendah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Magang Santai jak |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:31 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 02:31 |
| URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2165 |

