Catharina, Fera (2025) PENGARUH E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 1.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (562kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 3.pdf
Download (626kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (684kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Chapter 5.pdf
Download (157kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_BAS_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_BAS_TA.pdf.pdf
Download (955kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_BAU_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_BAU_TA.pdf.pdf
Download (622kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_SKP_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_SKP_TA.pdf.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_US_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_US_TA.pdf.pdf
Download (518kB)
![[thumbnail of PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_SKU_TA.pdf.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENDIDIKAN EKONOMI_2117031274_SKU_TA.pdf.pdf
Download (1MB)
Abstract
Catharina Fera Selestina, 2025. Pengaruh E-commerce dan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yulia Suriyanti, M.Pd, Pembimbing II: Yopinus Bobi , S.Pd, M.M.
Kata Kunci: E-commerce, Media Sosial, Minat Berwirausaha
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat mahasiswa untuk berwirausaha di era digital, yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi seperti e-commerce dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-commerce dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan bentuk penelitian adalah asosiatif kausal. Populasinya adalah seluruh mahasiswa aktif di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang berwirausaha menggunakan e-commerce dan media sosial. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang mahasiswa yang memiliki usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce tidak berpengaruh signifikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,489 > 0,05. sedangkan media sosial berpengaruh signifikan dengan nilai probabilitas sebesar 0,00 < 0,05 . Terdapat pengaruh yang signifikan e-commerce dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, e-commerce dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan platform digital dapat mendorong mahasiswa untuk lebih tertarik dan berani memulai usaha mandiri. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan kewirausahaan digital di lingkungan pendidikan tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Catharina Fera Selestina |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:31 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:31 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2164 |