PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 7 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Lusiana, Fifi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SD NEGERI 7 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061458_COVER.pdf] Text
PBI_1809061458_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061458_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061458_BAB 1.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of PBI_1809061458_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061458_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of PBI_1809061458_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061458_BAB 3.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of PBI_1809061458_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061458_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of PBI_1809061458_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061458_BAB 5.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of PBI_1809061458_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061458_LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Lusiana Fifi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV SD Negeri 7 Sintang Tahun Pelajaran 2021/2022. Tugas Akhir. Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I Agusta Kurniati, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Rian Subekti, M.Pd., AIFO-P. Kata Kunci: Hasil Belajar, Make a Match
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada tema 8. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif. Metode penelitian Eksperimen. Bentuk penelitian Quasy Eksperimental Design. Desain penelitian nonequivalent control grup desain. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 7 Sintang
berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVC sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan kelas IVB sebagai kelas kontrol 26 orang. Teknik sampling adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi langsung, pengukuran, komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, soal tes, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian hasil observasi guru di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh rata-rata persentase pertemuan I dan pertemuan II 100% dengan kriteria sangat baik. Observasi siswa kelas eksperimen pertemuan I dan pertemuan II diperoleh rata-rata 89,73% dengan kategori sangat baik. Observasi siswa kelas kontrol pertemuan I dan pertemuan II diperoleh rata-rata 67,93% dengan kategori baik. Berdasarkan uji hipotesis pretest kelas eksperimen dan kontrol nilai Sig. (2-tailed) = 0,358 > nilai α = 0,05 artinya H0 diterima Ha ditolak tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada tema 8. Uji hipotesis hasil belajar posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada tema 8. Berdasarkan pengolahan data angket respon siswa diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:32
Last Modified: 22 Oct 2025 02:32
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item
View Item