Lisa, Afriyani (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 DI KELAS IV SD NEGERI 16 BELONSAT KECAMATAN BELIMBING KABUPATEN MELAWI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061501_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1809061501_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_BAB 1.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of PBI_1809061501_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (343kB)
![[thumbnail of PBI_1809061501_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_BAB 3.pdf
Download (492kB)
![[thumbnail of PBI_1809061501_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of PBI_1809061501_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_BAB 5.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of PBI_1809061501_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061501_LAMPIRAN.pdf
Download (14MB)
Abstract
Lisa Afriyani. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 1 di Kleas IV SD Negeri 16 Belonsat Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi,
Program Studi PGSDSTKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si., M.Pd, Pembimbing II: Hendrikus Julung, M.Pd. Kata Kunci : Inquiry, Lingkungan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV SDN 16 Belonsat yang mengalami kesulitan berkonsentrasi pada pembelajaran, mudah bosan pada pembelajaran, kesulitan
dalam memahami materi pelajaran, kurangnya sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran, sehingga guru cenderung menguasai kelas. Dari permasalahan tersebut peneliti bermaksud menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema 9 subtema 1di SDN 16 Belonsat melalui penerapan model pembelajaran inquiry berbasis lingkungan. Bentuk penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriftif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing pada tema 9 subtema 1 di kelas IV SDN 16 Belonsat sudah baik persentase aktivitas pembelajaran guru dan siswa di siklus II sudah mencapai 100%, hasil belajar siswa mengalami peningkatan, terlihat dari total rata-rata nilai siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Kewarganeraan siklus I hanya 69,4 kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 23,2 angka menjadi 92,6. Persetase ketuntasan siswa pada siklus II juga sudah mencapai target yaitu sebanyak 88,9% siswa sudah mencapai KKM 62. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inquiry berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 16 Belonsat pada tema 9 subtema 1. Saran peneliti, dalam proses pembelajaran inquiry terbimbing berbasis lingkungan guru harus benar-benar intensif membimbing siswa serta siswa juga diharapkan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. dengan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran tentu akan meningkatkan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 22 Oct 2025 02:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 02:32 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2150 |