ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LENGKENAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Lili Uswatun, Hasanah (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LENGKENAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061389_COVER.pdf] Text
PBI_1708061389_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061389_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061389_BAB 1.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of PBI_1708061389_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061389_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[thumbnail of PBI_1708061389_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061389_BAB 3.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of PBI_1708061389_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061389_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of PBI_1708061389_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061389_BAB 5.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of PBI_1708061389_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061389_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lili Uswatun Hasanah. 2021, Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III PadaMasa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat Tahun Pelajara2020/2021. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa SintangPembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si.,M.Pd Pembimbing II: Lusila ParidaM.Pd. Kata Kunci: Analisa Kesulitan Belajar, Kesulitan Belajar, PembelajaranMasa Pandemi Pelaksanaan pendidikan di masa pendemi Covid-19 membuat proses belajamengajar mengalami berbagai hambatan. Sekolah mengalami kesulitan, baik dariguru maupun siswa. Proses belajar yang biasanya dilakukan secara tatap muksekarang beralih ke pembelajaran daring. Dari perubahan sistem belajar mengajatersebut, mengakibatkan model dan metode pembelajaran yang dilakukan oleguru harus dirubah. Kegiatan belajar mengajar dilakukan hanya melalupenugasan lewat aplikasi whatsapp. Dengan penerapan model pembelajaran yanseperti inilah banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitadalam proses pembelajaran ini berdampak ke prestasi siswa. Dari permasalahadiatas, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan: Kesulitan Belajar Siswa KelaIII pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat TahunPelajaran 2020/2021. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III dan satu orang guru kelas III. Penelitian ini menggunakapendekatan kualitatif deskriptif metode yang digunakan adalah deskriptif analisisTeknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan observasi. Teknianalisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data Model Mileand Huberman yaitu: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasipenelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, kesulitan belajar siswa kelas III padamasa pendemi covid -19 di Sekolah Dasar Negeri 02 Lengkenat yaitu siswa yanmengalami kesulitan karena metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru dimasa pandemi ini berbeda dengan metode yang diterapkan sebelum pandemiKedua, Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas III pada maspandemi ini ada dua faktor, diantaranya faktor internal dan eksternal, faktointernal (Kepribadian Siswa, Kemandirian Siswa dan Kerajinan Siswa) daeksternal (Pendampingan Keluarga, Banyaknya Tugas dan Kelompok Belajar).Ketiga, Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelaIII pada masa pandemi covi-19 yaitu dengan memberikan motivasi belajarmengembangkan sikap dan kebiasaan belajar dengan baik. Untuk mendapatkahasil yang maksimal, maka upaya guru harus dilaksanakan secara kontinyu dansungguh-sungguh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:33
Last Modified: 22 Oct 2025 02:33
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item
View Item