PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 25 NANGA DANAU KECAMATAN KALIS KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kristiana, Ndoy (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 25 NANGA DANAU KECAMATAN KALIS KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061500_COVER.pdf] Text
PBI_1809061500_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1809061500_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061500_BAB 1.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of PBI_1809061500_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061500_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of PBI_1809061500_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061500_BAB 3.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of PBI_1809061500_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061500_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of PBI_1809061500_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061500_BAB 5.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of PBI_1809061500_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061500_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kristiana Ndoy. 2022, “Penggunaan Model Pembelajaran Picture and PictureDalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 25 Nanga Danau Kecamatan Kalis Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada KhatulistiwaSintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M. Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., M.M. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Picture and Picture, Siswa SD
Permasalahan utama dalam penelitian yakni hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picturekelas V SD Negeri25Nanga Danau tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan bentuk penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan adalah model
Kurt Lewin dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri25 Nanga Danau tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 9 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas V, guru kelas V, kegiatan pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan angket. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi (guru dan siswa), soal tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasilbelajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar dengan kategori sangat baik,peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 25 Nanga
Danau menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus Idiperoleh nilai rata-rata 75 dan meningkat pada siklus II mencapai 90 sehingga terjadi peningkatan. Tingkat ketuntasan klasikal siklus I sebesar 66,6% dan tingkat ketuntasan klasikal siklus II sebesar 100% sehingga terjadi peningkatan 44,4%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas V SD Negeri 25 Nanga Danau tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:33
Last Modified: 22 Oct 2025 02:33
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item
View Item