ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 12 SELIMU TAHUN AJARAN 2020/2021

Lapita, Yeni (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 12 SELIMU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061422_COVER.pdf] Text
PBI_1708061422_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061422_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061422_BAB 1.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of PBI_1708061422_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061422_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of PBI_1708061422_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061422_BAB 3.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of PBI_1708061422_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061422_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[thumbnail of PBI_1708061422_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061422_BAB 5.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of PBI_1708061422_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061422_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yeni, lapita. 2021. “ Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 12 Selimu Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Agusta Kurniati, M.Pd, pembimbing II : Lusila Parida, M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Di Masa Pandemi Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan selama pandemi covid-19 yang dimana pembelajaran yang ada di SDN 12 Selimu diterapkan pembelajaran secara tatap muka terbatas (Luring), pembelajaran ini baru dimulai dilakukan selama masa pandemi oleh sebab itu sebagai tenaga pendidik atau guru dan siswa banyak mengalami kesulitan selama proses pembelajaran yang dilakukan. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan apa saja yang dialami siswa selama menerapkan pembelajaran di masa pandemi khususnya di SDN 12 Selimu tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan peneliti adalah untuk mendeskripsikan kesulitan apa saja yang dialami oleh siswa, upaya apa yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dimasa pandemi supaya menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Manfaat peneliti ini yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dan bentuk penelitiannya menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan guru wali kelas V. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesulitan yang dialami siswa dan guru. Selama menerapkan pembelajaran dimasa pandemi yaitu: waktu belajar terbatas, siswa tidak memahami tugas yang diberikan oleh guru, guru tidak bisa mengntrol perkembangan siswa dengan baik khususnya saat mengerjakan tugas yang dimana siswa nya perlu mendapatkan perhatian khusus, dan tidak semua orang tua memperhatikan pekrembangan belajar anak di rumah, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena malas dan tidak ada perhatian dari orang tua di rumah, adanya orang tua tidak mengontrol anaknya dengan baik, karena latar belakang pendidikan orang tua yang rendah dan lebih memilih tetap bekerja diladang dibandingkan membantu belajar anak dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:07
Last Modified: 21 Oct 2025 07:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item
View Item