Juliana, Asmawati (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN BAHASA DAERAH DAYAK UNDAU SEBAGAI BAHASA PENDAMPING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 22 ARAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061497_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_COVER.pdf
Download (535kB)
![[thumbnail of PBI_1809061497_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_BAB 1.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of PBI_1809061497_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (275kB)
![[thumbnail of PBI_1809061497_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_BAB 3.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of PBI_1809061497_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
![[thumbnail of PBI_1809061497_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_BAB 5.pdf
Download (89kB)
![[thumbnail of PBI_1809061497_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061497_LAMPIRAN.pdf
Download (10MB)
Abstract
Juliana Asmawati.2022. (1809061497). Implementasi Penggunaan Bahasa Daerah Dayak Undau Sebagai Bahasa Pendamping Pada Siswa Kelas I SD Negeri 22 Arak Tahun Pelajaran 2021/2022, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Adriana Gandasari, M.Pd, pembimbing II: Yudita Susanti, S.S., M.Pd.Kata kunci: Implementasi Penggunaan Bahasa Daerah Dayak Undau Sebagai Bahasa Pendamping Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi penggunaan bahasa daerah Dayak Undau sebagai bahasa pengantar pada siswa kelas I SD Negeri 22 Arak Tahun pelajaran 2021/2022 Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Subjek
penelitian adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri 22 Arak dengan jumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung (observasi dan angket) dan teknik komunikasi langsung (wawancara). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi penggunaan bahasa daerah Dayak Undau sebagai bahasa Pendamping pada siswa Kelas I, memberikan kontribusi positif terhadap siswa. Dimana semua aspek yang diamati yaitu siswa menggunakan bahasa daerah Dayak Undau sebagai bahasa pendamping tingkat permulaan di kelas rendah, alat penghubung ketika menyampaikan materi, bahasa pendukung bahasa nasional, dan penarik minat belajar siswa ketika pembelajaran berlangsung. Respon siswa dikategorikan baik, siswa
sangat memerlukan bahasa daerah untuk kelancaran dalam berkomunikasi sehingga memudahkan komunikasi saat pembelajaran berlangsung di kelas. kesimpulannya bahwa bahasa daerah Dayak Undau sangat diperlukan sebagai bahasa pendamping untuk kelas I SD Negeri 22 Arak Tahun Pelajaran
2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:06 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2124 |