ANALISIS DAMPAK KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP GAYA BAHASA DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SD NEGERI 06 SINTANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Tia, Tira (2025) ANALISIS DAMPAK KEBIASAAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP GAYA BAHASA DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SD NEGERI 06 SINTANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2112061921_COVER.pdf] Text
PBI_2112061921_COVER.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_BAB 1.pdf] Text
PBI_2112061921_BAB 1.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_BAB 2.pdf] Text
PBI_2112061921_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_BAB 3.pdf] Text
PBI_2112061921_BAB 3.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_BAB 4.pdf] Text
PBI_2112061921_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_BAB 5.pdf] Text
PBI_2112061921_BAB 5.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_BAB 6.pdf] Text
PBI_2112061921_BAB 6.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of PBI_2112061921_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_2112061921_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tia Tira 2025, analisis dampak kebiasaan bermain game online terhadap gaya bahasa dan komunikasi siswa kelas B SD Negeri 06 Sintang Tahun ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing l: Ursula Dwi Oktaviani M.Pd. Pembimbing ll : Anyan S.Kom. M.Kom. Kata kunci: Game Online, Gaya Bahasa, Komunikasi, Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya kebiasaan bermain
game online di kalangan siswa sekolah dasar, yang memengaruhi gaya bahasa dan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebiasaan bermain game online terhadap gaya bahasa dan komunikasi siswa kelas V SD Negeri 06 Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Subjek penelitian terdiri dari 5 orang siswa kelas V, guru kelas V serta orang tua siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian siswa kelas V menggunakan game online di rumah maupun di lingkungan sosial. (2) Dampak yang muncul terlihat pada perubahan gaya bahasa, di mana siswa sering menggunakan gaya bahasa ekspresif dan sindiran, dan ada sekitar 21,74% siswa mengaku selalu mengucapkan kata – kata kasar, saat bermain game online. (3) Perbedaan mencolok terjadi pada cara siswa yang sering bermain game online lebih dominan, ekspresif, dan kadang kurang sopan dalam berkomunikasi, sedangkan siswa yang jarang bermain menunjukkan komunikasi yang lebih santun. (4) Faktor internal seperti minat dan dorongan diri sendiri, serta faktor eksternal seperti lingkungan teman dan media sosial. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi dampak negatif dari
kebiasaan tersebut, guru melakukan pendekatan melalui pembinaan karakter, memberi pemahaman tentang etika berkomunikasi dan penggunaan bahasa yang baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru, orang tua, dan pihak sekolah dalam mengawasi serta mengarahkan kebiasaan
bermain game online siswa agar tidak berdampak negatif terhadap perkembangan bahasa dan komunikasi anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kebiasaan bermain game online memengaruhi gaya bahasa dan komunikasi siswa, terutama penggunaan bahasa yang kurang sopan, serta faktor internal dan eksternal juga turut memengaruhi gaya bahasa dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Tia Tira
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:03
Last Modified: 21 Oct 2025 07:03
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item
View Item