Suci, Wulandari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN 1 NANGA SILAT TAHUN 2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_2112061991_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_COVER.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of PBI_2112061991_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_BAB 1.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of PBI_2112061991_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (287kB)
![[thumbnail of PBI_2112061991_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_BAB 3.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of PBI_2112061991_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
![[thumbnail of PBI_2112061991_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_BAB 5.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of PBI_2112061991_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2112061991_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Suci Wulandari, 2025. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SDN 1 Nanga Silat Tahun 2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar SKTIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami, S.Si.,M.Pd. Pembimbing II: Rusdi, S.Sn.,M.Sn.CPAT. Kata Kunci: pengembangan media, permainan ular tangga, minat belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh minat belajar siswa tergolong rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya partisipasi aktif siswa, suasana kelas yang kurang kondusif, dan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Nanga Silat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, validasi ahli, serta angket respon siswa dan guru terhadap media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi dari ahli
media dengan persentase 83,33% dan ahli materi dengan persentase 90% kriteria keduanya sangat layak. Uji coba terbatas dan uji coba skala luas menunjukkan bahwa media ini tergolong praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Respon siswa uji coba skala terbatas persentase 88,333% dan respon siswa uji coba skala luas 88,9583% kriteria keduanya sangat baik. Respon
guru terhadap penggunaan media juga sangat positif dengan persentase 83,33% kriteria sangat praktis. Tingkat keefektifan pada media ini juga di kategorikan sangat efektif dengan persentase 95,625%. Simpulan penelitian ini adalah bahwa pengembangan media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika. Harapan dari penelitian ini, media permainan ular tangga dapat digunakan secara luas oleh guru-guru sebagai salah satu media pembelajaran inovatif di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Suci Wulandari |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:03 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2107 |