Maya, Anggela (2025) PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 23 MENYUMBUNG SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Tittle.pdf
Download (522kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Chapter 1.pdf
Download (272kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Chapter 3.pdf
Download (134kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (398kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Chapter 5.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_BAS_TA.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of SK Penguji Proposal dan Undangan Seminar Proposal.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SK Penguji Proposal dan Undangan Seminar Proposal.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SK Penguji Tugas Akhir dan Undangan Ujian Skripsi.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SK Penguji Tugas Akhir dan Undangan Ujian Skripsi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112061982_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061982_BAU_TA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Maya Anggela. P. 2025, Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 23 Menyumbung Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Herpanus, S.P., M.A., Ph.D., Pembimbing II: Ursula Dwi Oktaviani, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Peer Teaching, Kemampuan Membaca, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Penelitian ini di latar belakangi dari temuan peneliti di SD Negeri 23 Menyumbung Sintang mengenai peserta didik di kelas IV yang teridentifikasi mengalami kekurangan pada kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik di kelas tersebut sulit untuk mengenal huruf dan juga kesulitan menyusun kata dalam membaca. Selama ini dalam pembelajaran membaca di SDN 23 Menyumbung Sintang, masih menggunakan metode yang kurang efektif, yaitu cara membaca reguler (biasa). Hal ini membuat kemampuan membaca peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini berfokus pada penerapan metode peer teaching untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dan tujuan penelitian adalah mendeskrisikan penerapan metode pembelajaran peer teaching dalam proses pembelajaran membaca di kelas IV SDN 23 Menyumbung Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan bentuk penelitian tindakan kelas. Proses pelaksanaannya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik tes kinerja, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 68,33% dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor rata-rata 90% dengan kriteria sangat baik. Hasil tes kemampuan membaca siswa pra siklus memperoleh rata-rata kelas 52,66 dengan kriteria kurang, siklus I memperoleh rata-rata kelas 76,5 dengan kriteria baik, kemudian dilanjutkan pada siklus II memperoleh rata-rata kelas 90,33 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan kemampuan membaca meningkat sebesar 13,83. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan membaca dengan menggunakan metode peer teaching pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berhasil dan meningkat. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa penerapan metode peer teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 23 Menyumbung Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Harapan dari penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dan dapat meningkatkan keaktifan serta partisipasi peserta didik dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Maya Anggela.P |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:57 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1898 |