Kharisma, Dharma (2025) PENGARUH METODE DI SKUSI BERBANTUAN MEDI A PUZZLE TERHADAP HASI L BELAJAR SI SWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS I V MATERI FOTOSI NTES I S DI SD NEGERI 1 4 EMPACI. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Chapter 1.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Chapter 3.pdf
Download (525kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (259kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Chapter 5.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_BAU_TA.pdf
Download (137kB)
![[thumbnail of SK Penguji Proposal dan undangan Seminar Proposal.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SK Penguji Proposal dan undangan Seminar Proposal.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of SK Penguji TA dan Undangan Ujian Skripsi.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SK Penguji TA dan Undangan Ujian Skripsi.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062049_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062049_BAS_TA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kharisma Dharma, 2025. Pengaruh metode diskusi berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV materi fotosintesis di SD Negeri 14 empaci. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1 : Nelly Wedyawati, S.Si. M.Pd, Pembimbing II : Hendrikus Julung, M.Pd
Kata Kunci : Metode, diskusi, puzzle, hasil belajar, siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang kurang variatif, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta keterbatasan sarana prasarana yang mendukung. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode diskusi berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi fotosintesis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain non-equivalent control group. Populasi terdiri dari siswa kelas IV dan Sampel terdiri dari 44 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, pengukuran melalui tes tertulis, dan komunikasi tidak langsung melalui angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji Instrumen, uji prasyarat, uji hipotesis. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi berbantuan media puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media puzzle membuat pembelajaran lebih aktif,menyenangkan, dan mendorong siswa bekerja sama dalam kelompok, serta membantu pemahaman konsep secara visual dan konkret. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media puzzle tergolong “Baik” dengan persentase 78%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah metode diskusi berbantuan media puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif di sekolah dasar. Harapan yang dapat diberikan adalah guru menggunakan metode diskusi berbantuan puzzle dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi fotosintesis. Metode ini terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar sehingga menjadi lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Kharisma Dharma |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:56 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1891 |