IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK B2 DI TK INSAN MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Melda Apri, Yeni (2025) IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA KELOMPOK B2 DI TK INSAN MULIA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_210508159_COVER.pdf] Text
PBI_210508159_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_210508159_BAB 1.pdf] Text
PBI_210508159_BAB 1.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of PBI_210508159_BAB 2.pdf] Text
PBI_210508159_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[thumbnail of PBI_210508159_BAB 3.pdf] Text
PBI_210508159_BAB 3.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of PBI_210508159_BAB 4.pdf] Text
PBI_210508159_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[thumbnail of PBI_210508159_BAB 5.pdf] Text
PBI_210508159_BAB 5.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of PBI_210508159_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_210508159_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Melda Apri Yeni. 2025. Implementasi Metode Iqro Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Kelompok B2 DI TK Insan Mulia Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska,S.Psi.,M.Pd Pembimbing II:Suryameng, M.Pd Kata kunci: Metode Iqro, Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini Salah satu bentuk pembelajaran agama islam pada anak usia dini adalah melalui kegiatan mengaji dengan mengenalkan huruf hijaiyah melalui metode iqro. Kegiatan belajar mengaji ini dilakukan mulai iqro jilid 1 hingga jilid 5. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik, kekurangan, dan kelebihan metode iqro dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada kelompok B2 di TK Insan Mulia Sintang. Subjek penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 2 orang guru kelas dan 10 orang siswa kelas B2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) karakteristik metode iqro yang muncul dalam pembelajaran mengaji yaitu, bacaan langsung, cara belajar santri aktif, pembelajaran privat, penggunaan modul, serta pendekatan yang praktis, sistematis, variatif, komunikatif, dan fleksibel, 2) kekurangan yang ditemukan dalam metode iqro yaitu belum dikenalkannya bacaan tajwid sejak dini, tidak digunakannya media pembelajaran, dan tidak digunakannya irama murottal, 3) kelebihan dari metode iqro yaitu mencakup penyampaian materi langsung tanpa mengeja, materi yang praktis dan lengkap, serta urutan pembelajaran yang terstruktur sesuai jilid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa metode iqro efektif dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini melalui pendekatan yang bertahap, aktif, dan menyenangkan, meskipun masih diperlukan penguatan dalam aspek penggunaan media dan pengenalan tajwid sejak dini sehingga para orang tua dan guru perlu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran mengaji tersebut. Harapan dari penelitian ini adalah agar metode Iqro dapat diterapkan secara lebih optimal dengan melengkapi kekurangannya, khususnya dalam penggunaan media dan pengenalan tajwid sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Melda Apri Yeni
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:15
Last Modified: 11 Sep 2025 02:15
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item
View Item