Dina, Octavia (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA K1 CONEFLOWER DI TK GOLDENBEE SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_210508147_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_COVER.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of PBI_210508147_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_BAB 1.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of PBI_210508147_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
![[thumbnail of PBI_210508147_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_BAB 3.pdf
Download (298kB)
![[thumbnail of PBI_210508147_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (642kB)
![[thumbnail of PBI_210508147_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_BAB 5.pdf
Download (251kB)
![[thumbnail of PBI_210508147_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210508147_LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
Abstract
Dina Octavia. 2025. Analisis Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa K1 Coneflower Di TK GoldenBee Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska,S.Psi.,M.Pd Pembimbing II:Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Inggris, Strategi Pembelajaran, Anak Usia Dini Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini adalah aspek bahasa karena pada masa usia dini daya tangkap anak begitu cepat. Pembelajaran bahasa dapat dikenalkan melalui berbagai macam bahasa salah satunya adalah bahasa inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa yang biasanya digunakan di sekolah bilingual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) tahapan-tahapan pembelajaran bahasa inggris pada siswa K1 coneflower di TK GoldenBee Sintang, 2) upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat pembelajaran bahasa inggris pada siswa K1 coneflower di TK GoldenBee Sintang, 3) strategi pembelajaran bahasa inggris pada siswa K1 coneflower di TK GoldenBee Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 16 orang yang terdiri dari 1 orang guru kelas dan 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tahapan-tahapan pembelajaran bahasa inggris pada siswa K1 coneflower di TK Goldenbee Sintang yaitu: listening, speaking, reading, dan writing, 2) upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat pembelajaran bahasa inggris pada siswa K1 coneflower di TK Goldenbee Sintang yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang meliputi persepsi, kemampuan mengingat, proses kognitif, perhatian. Faktor eksternal meliputi situasi disekolah, 3) strategi pembelajaran bahasa inggris pada siswa K1 coneflower di TK Goldenbee Sintang yaitu: mengajar dengan bernyanyi, mengajar dengan role play, dengan permainan, mengajar dengan bercerita, mengajar dengan Total Physical Respond (TPR). Kesimpulan Pembelajaran bahasa Inggris pada siswa K1 Coneflower di TK GoldenBee Sintang dilaksanakan melalui tahapan listening, speaking, reading, dan writing dengan penerapan strategi yang sesuai karakteristik anak usia dini, seperti bernyanyi, bermain peran, permainan, bercerita, dan Total Physical Response (TPR). Guru juga berupaya mengatasi hambatan internal (persepsi, daya ingat, kognitif, perhatian) dan eksternal (situasi sekolah) agar pembelajaran lebih efektif, menyenangkan, dan mendukung perkembangan bahasa Inggris anak secara optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dina Octavia |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:15 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1858 |