Fira, Fahrita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AKSI PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TJKT DI SMK NEGERI 1 SUNGAI TEBELIAN. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_210409119_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_COVER.pdf
Download (683kB)
![[thumbnail of PBI_210409119_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_BAB 1.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of PBI_210409119_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (545kB)
![[thumbnail of PBI_210409119_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_BAB 3.pdf
Download (720kB)
![[thumbnail of PBI_210409119_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
![[thumbnail of PBI_210409119_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_BAB 5.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of PBI_210409119_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_210409119_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Fira Fahrita, 2024, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis AKSI Pada Mata Pelajaran Informatika untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Sungai Tebelian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Fatkhan Amirul Huda, S.Kom., M.Pd, Pembimbing 2: Yasinta Lisa, S.Si., M.Cs. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif; Articulate Storyline 3; AKSI; Motivasi Belajar; Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika, khususnya materi algoritma dan pemrograman yang dianggap sulit dan kurang menarik jika disampaikan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif AKSI berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Informatika materi Algoritma dan Pemrograman untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain, dan pengembangan serta implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TJKT di SMK Negeri 1 Sungai Tebelian. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 7 siswa untuk uji nformatif dan 20 siswa untuk uji sumatif. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli, angket motivasi, angket keterbacaan, angket respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 77,5% (kategori ―Layak‖), dan validasi ahli media sebesar 92,5% (kategori ―Sangat Layak‖). Angket keterbacaan memperoleh skor 91,67%, respon guru 92,5%, dan respon siswa 87,78% yang seluruhnya berada dalam kategori ―Sangat Baik‖. Angket motivasi siswa memperoleh skor 87,38% (kategori ―Sangat Tinggi‖). Analisis uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,580 > 2,051) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tabel N gain score untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,465 Perhitungan effect size terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 0,8756. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif AKSI layak diterapkan dalam proses pembelajaran digital di SMK. Penggunaan media ini terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Fira Fahrita |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:15 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:15 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1855 |