PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA ERA GENERASI Z KELAS X B MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NUSANTARA INDAH SINTANG

Siska, Kurniaty. W (2025) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA ERA GENERASI Z KELAS X B MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NUSANTARA INDAH SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2117031297_COVER.pdf] Text
PBI_2117031297_COVER.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of PBI_2117031297_BAB 1.pdf] Text
PBI_2117031297_BAB 1.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of PBI_2117031297_BAB 2.pdf] Text
PBI_2117031297_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of PBI_2117031297_BAB 3.pdf] Text
PBI_2117031297_BAB 3.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of PBI_2117031297_BAB 4.pdf] Text
PBI_2117031297_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of PBI_2117031297_BAB 5.pdf] Text
PBI_2117031297_BAB 5.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of PBI_2117031297_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_2117031297_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siska Kurniaty W. 2025, Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Era Generasi Z Kelas X B Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Nusantara Indah Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing 1 : Avelius Dominggus Sore, S.E., M.Pd. Pembimbing II Dessy Triana Relita., M.Pd Kata Kunci : Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Penelitian Tindakan Kelas Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa kelas X B dalam mengelola kemampuan berpikir kritis, siswa terkesan belum mampu mengembangkan pemikiran secara mendalam, kesulitan dalam menganalisis sebuah masalah, kesulitan dalam memberikan argumen, serta menarik kesimpulan yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa era generasi Z dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran ekonomi kelas X B SMA Nusantara Indah Sintang, tahun ajaran 2024-2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan bentuk penelitian tindakan kelas PTK. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung atau wawancara, teknik tes, teknik studi dokumentasi, angket. Hasil penelitian diperoleh nilai klasikal siklus I 62%, siklus II 87,5% sehingga terjadi peningkatan sebesar 25%, sedangkan nilai rata-rata siklus I sebesar 70,58% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 85,54% sehingga terjadi peningkatan sebesar 14,96%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan materi hukum permintaan, penawaran dan harga pasar meningkat dari kategori sedang menjadi kategori tinggi. Hal ini berarti penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa telah terbukti. Disamping itu kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dapat dilihat dari cara siswa menyelsaikan masalah dalam diskusi kelompok, melakuakn persentasi mempertahankan jawabannya, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penggunakan model pembelajaran problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Siska Kurniaty. W
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:07
Last Modified: 11 Sep 2025 02:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item