PENGARUH MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP TINGKAT KESIAPAN CALON GURU PADA MAHASISWA STKIP PERSADA KHATULISTIWA

Riska Zulaikatun, Nikmah (2025) PENGARUH MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP TINGKAT KESIAPAN CALON GURU PADA MAHASISWA STKIP PERSADA KHATULISTIWA. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2117031293_COVER.pdf] Text
PBI_2117031293_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_2117031293_BAB 1.pdf] Text
PBI_2117031293_BAB 1.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of PBI_2117031293_BAB 2.pdf] Text
PBI_2117031293_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of PBI_2117031293_BAB 3.pdf] Text
PBI_2117031293_BAB 3.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of PBI_2117031293_BAB 4.pdf] Text
PBI_2117031293_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of PBI_2117031293_BAB 5.pdf] Text
PBI_2117031293_BAB 5.pdf

Download (170kB)

Abstract

Riska Zulaikatun Nikmah, 2025. Pengaruh Mata Kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Tingkat Kesiapan Calon Guru Pada Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing Utama: Dessy Triana Relita, M.Pd, Pembimbing Pendamping: Avelius Dominggus Sore, S.E.,M.Pd Kata Kunci: Mata Kuliah Pembelajaran Mikro, Pengenalan Lapangan Persekolahan, Tingkat Kesiapan Calon Guru Tingkat kesiapan calon guru menjadi faktor penting dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas. Namun, masih banyak mahasiswa pendidikan yang belum siap secara optimal menjalankan tugas profesinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap tingkat kesiapan calon guru pada mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang angkatan 2021. Penelitian ini berfokus pada seberapa besar pengaruh masing-masing mata kuliah secara parsial maupun simultan terhadap kesiapan mahasiswa, yang mencakup kompetensi pedagogis, kepribadian, profesional, dan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Sampel penelitian berjumlah 112 mahasiswa dari populasi 396 orang, diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, Mata Kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengenalan Lapangan Persekolahan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan calon guru, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap variabel Y, ditunjukkan dengan F hitung 16,814 ≥ F tabel 3,08 dan sig 0,000. Variabel yang paling dominan adalah Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (X1) dengan koefisien regresi 6,632 lebih tinggi dari Pengenalan Lapangan Persekolahan(X2) sebesar 0,299 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Mata Kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengenalan Lapangan Persekolahan berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kesiapan Calon Guru pada Mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam evaluasi dan penyempurnaan pelaksanaan mata kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengenalan Lapangan Persekolahan di lingkungan pendidikan tinggi keguruan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Riska Zulaikatun Nikmah
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:07
Last Modified: 11 Sep 2025 02:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item
View Item