Lisa, Lisa (2024) PERAN GURU DALAM MEMBANTU ANAK TUNARUNGU BELAJAR DI KELAS ( STUDI KASUS PADA SISWA ”S” DI TK B KARTIKA XVII-17 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 ). Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_200408113_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_200408113_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_BAB 1.pdf
Download (320kB)
![[thumbnail of PBI_200408113_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
![[thumbnail of PBI_200408113_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_BAB 3.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of PBI_200408113_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (762kB)
![[thumbnail of PBI_200408113_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_BAB 5.pdf
Download (505kB)
![[thumbnail of PBI_200408113_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_200408113_LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Lisa, 2024. Peran guru dalam membantu anak tunarungu belajar di kelas (studi kasus pada siswa “S” di TK B Kartika XVII-17 Sintang tahun pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fransiska, S.Psi, M.Pd Pembimbing II: Sarayati, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru; Tunarungu; Belajar Setiap anak berhak memperoleh pendidikan begitu juga dengan anak yang mengalami tunarungu dan bersekolah di sekolah umum, oleh karena itu penting peran guru dalam mendampingi anak tunarungu dalam belajar di kelas. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) peran guru dalam membantu siswa tunarungu belajar di kelas, 2) media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membantu siswa tunarungu belajar di kelas, 3) upaya guru dalam membantu siswa tunarungu belajar di kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu terdiri dari 1 orang guru, 1 orang siswa dan 1 orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dari Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) peran guru dalam membantu siswa tunarungu belajar di kelas guru yaitu guru bertugas sebagai pengajar dengan menggunakan media pembelajaran yang berupa papan tulis, berkomunikasi menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa dan sebagai pembimbing dengan membantu siswa mengatasi kesulitan belajarnya, membantu siswa berbicara kepada temannya yang tidak memahami ucapannya, 2) media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membantu siswa tunarungu belajar di kelas yaitu media gambar dengan membagikan gambar kupu-kupu kepada siswa tunarungu untuk diwarnai, serta menggunakan media balok dengan meminta siswa tersebut untuk menyusun media balok yang sudah disediakan, 3) upaya yang dilakukan guru dalam membantu anak tunarungu belajar di kelas yaitu dengan memberikan kesempatan yang sama dalam berbicara dan menulis di papan tulis serta mengulang pertanyaan atau pernyataan yang tidak di pahami oleh semua siswa. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan maka begitu penting peran guru dalam mengajarkan anak tunarungu belajar di sekolah karena anak tunarungu juga berhak memperoleh pendidikan sama seperti anak-anak normal ketika mereka belajar di sekolah umum.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:07 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:07 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1840 |