STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK KELAS A DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA SEKEDAU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Yuni Sisilia, Serly (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KEMANDIRIAN ANAK KELAS A DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA SEKEDAU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408139_COVER.pdf] Text
PBI_200408139_COVER.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of PBI_200408139_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408139_BAB 1.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of PBI_200408139_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408139_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[thumbnail of PBI_200408139_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408139_BAB 3.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of PBI_200408139_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408139_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[thumbnail of PBI_200408139_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408139_BAB 5.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of PBI_200408139_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408139_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuni Sisilia Serly. 2024. Strategi Guru Dalam Menanamkan Kemandirian Anak Kelas A DI PAUD Tunas Harapan Desa Sekedau Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. PGPAUD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang,. Pembimbing Suryameng, M.Pd. Pembimbing II : Adpriyadi, M.Pd Kata Kunci : Strategi, Guru, Kemandirian, Anak Menanamkan kemandirian pada anak PAUD penting karena membantu mereka menjadi percaya diri, bertanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan. Kemandirian ini juga mempersiapkan mereka untuk beradaptasi di sekolah dan berinteraksi dengan teman sebaya secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kemandirian pada anak, mendeskripsikan faktor yang mendorong dalam menanamkan kemandirian pada anak dan mendeskripsikan upaya guru dalam kemandirian anak di PAUD Tunas Harapan Tahun Ajaran 2023/2024. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dan bentuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa 1) Kemandirian anak di PAUD Tunas Harapan dipengaruhi oleh lingkungan belajar yang mendukung, kesempatan membuat keputusan, dan tanggung jawab sederhana, dengan keteladanan guru dan orang tua serta keterlibatan orang tua di rumah sebagai faktor kunci; 2) faktor yang mendorong kemandirian anak dibentuk oleh lingkungan pendidikan yang baik,kebebasan memilih aktivitas, dan pembelajaran berbasis pengalaman, dengan dukungan rumah yang sangat penting; dan 3) Upaya guru dalam menanamkan kemandirian anak di PAUD Tunas Harapan efektif dalam meningkatkan kemandirian anak, terlihat dari kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas mandiri dan peningkatan kemandirian di sekolah dan rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:39
Last Modified: 23 Aug 2025 01:39
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item
View Item