PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Santa Aktavia, Tara (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200310038_COVER.pdf] Text
PBI_200310038_COVER.pdf

Download (998kB)
[thumbnail of PBI_200310038_BAB 1.pdf] Text
PBI_200310038_BAB 1.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of PBI_200310038_BAB 2.pdf] Text
PBI_200310038_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[thumbnail of PBI_200310038_BAB 3.pdf] Text
PBI_200310038_BAB 3.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of PBI_200310038_BAB 4.pdf] Text
PBI_200310038_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_200310038_BAB 5.pdf] Text
PBI_200310038_BAB 5.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of PBI_200310038_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200310038_LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Santa Aktavia Tara. 2024. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Model
Pembelajaran CORE Untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Melinda Rismawati, M.Pd., Pembimbing II: Nurapni Sopia, M.Pd.Kata Kunci: Modul Ajar, Model Pembelajaran CORE, Koneksi Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan koneksi matematis sebagian besar siswa rendah dan penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalıdan, kepraktisan keefektifan, dan respon siswa terhadap Pengembangan Modul Ajar Berbasis ModelPembelajaran CORE Untuk Melatih Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sintang yang terdiri dari 14 siswa sebagai subjek skala kecil dan 30 siswa sebagai subjek skala besar. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar tes, dan angket. Teknik analisis data melalui tahapan validasi ahli, uji kepaktisan, uji keefektifan dan angket respon siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kevalidan modul ajar berbasis model CORE sebesar 0,86 dengan kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan modul ajar berbasis model CORE sebesar 83,3% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan modul ajar berbasis model CORE sebesar 88,3 dengan kategori sangat efektif. Respon ketertarikan terhadap modul ajar berbasis model CORE memperoleh persentase sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul ajar berbasis model pembelajaran core pada materi bentuk aljabar dikatakan valid, praktis, efektif, dan menarik sehingga dapat digunakan untuk melatih kemampuan koneksi matematis siswa. Dengan demikian, diharapkan dari pengembangan modul ajar berbasis model pembelajaran CORE ini dapat menjadi salah satu perangkat pembelajaran yang memberikan perkembangan terhadap kemampuan koneksi siswa serta menumbuhkan keaktifan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:07
Last Modified: 11 Sep 2025 02:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item
View Item