MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PUZZLE KELOMPOK A TK GOLDEN BEE SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Veronika Erma, Trivana (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PUZZLE KELOMPOK A TK GOLDEN BEE SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190308092_COVER.pdf] Text
PBI_190308092_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_190308092_BAB 1.pdf] Text
PBI_190308092_BAB 1.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of PBI_190308092_BAB 2.pdf] Text
PBI_190308092_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[thumbnail of PBI_190308092_BAB 3.pdf] Text
PBI_190308092_BAB 3.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of PBI_190308092_BAB 4.pdf] Text
PBI_190308092_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[thumbnail of PBI_190308092_BAB 5.pdf] Text
PBI_190308092_BAB 5.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of PBI_190308092_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190308092_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Veronika Erma Triyana. 2024, Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Puzzle DI Kelompok A TK Goleden Bee Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Sarayati, M. Pd.Pembimbing II: YohanesBekhmasMulyadi, S.Fil, M. Psi. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Metode Bermain Puzzle Penelitian ini di latarbelakangi oleh masih belum berkembangnya kemampuan kognitif pada anak usia dini di Kelompok A TK Golden Bee Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui metode bermain puzzle di kelompok A TK Golden Bee Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskripiptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas(classromsction research).Subjek dalam penelitian yaitu 12 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Alat penggumpulan data yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode belajar bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok A TK Golden Bee Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Peningkatan kognitif anak usia dini melalui metode bermain puzzle dikelompok A TK Golden Bee Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebesar 12%. Respon anak dalam pembelajaran menggunakan metode bermain puzzle untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dikelompok A TK Golden Bee Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024 sangat baik. Saran semoga penelitian bias digunakan sebagai salah satu refrensi metode pembelajaran yang dapat di terapkan pada pendidikan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:06
Last Modified: 11 Sep 2025 02:06
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1829

Actions (login required)

View Item
View Item