Nadia Evanuella, Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 27 MASUKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_2011061800_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061800_COVER.pdf
Download (491kB)
![[thumbnail of PBI_2011061800_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061800_BAB 1.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of PBI_2011061800_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061800_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
![[thumbnail of PBI_2011061800_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061800_BAB 3.pdf
Download (493kB)
![[thumbnail of PBI_2011061800_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061800_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (224kB)
![[thumbnail of PBI_2011061800_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_2011061800_BAB 5.pdf
Download (169kB)
Abstract
Nadia Evanuella Putri. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri 27 Masuka, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Yakobus Bustami. S.si., M.Pd. Pembimbing II: Anna Marganingsih,S.E, M.Pd. Kata Kunci: Model Kontenkstual, Ice Breaking, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar pada materi pecahan terdapat jumlah siswa tidak tuntas 60% dan siswa yang tuntas 40%. Hal ini dipengaruhi bahwa guru tidak selalu menggunakan model pembelajaran yang menarik dan juga metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Maka peneliti mencari alternatif lain, berharap agar pembalajaran tercapai dengan baik dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan Ice Breaking terhadap hasil belajar matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 27 Masuka yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan ice breaking terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 27 Masuka. Hal tersebut terbukti dengan hasil uji hipotesis posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa maka ditarik kesimpulan dalam penelitian ini secara umum bahwa, terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 27 Masuka. Dengan hasil penelitian ini guru diharapkan dapat membuat inovasi baru dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran, diantaranya dengan menerapkan berbagai model pembelajaran dikelas yang di sesuaikan dengan materi yang di ajarkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:58 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1813 |