PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA 6 SUB TEMA 1 DI SDN 01 KENUKUT KECAMATAN KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mithalis Yovita, Febriani (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA TEMA 6 SUB TEMA 1 DI SDN 01 KENUKUT KECAMATAN KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061538_COVER.pdf] Text
PBI_1809061538_COVER.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of PBI_1809061538_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061538_BAB 1.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of PBI_1809061538_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061538_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of PBI_1809061538_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061538_BAB 3.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of PBI_1809061538_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061538_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[thumbnail of PBI_1809061538_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061538_BAB 5.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of PBI_1809061538_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061538_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mithalis Yovita Febriani. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V
Dengan Model Project Based Learning Pada Tema 6 Sub Tema 1 Di SDN 01
Kenukut Kecamatan Kelam Permai Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi,
Program Studi PGSD STKIP Persada Khatuliswa Sintang. Pembimbing I: Nelly
Wedyawati, S.Si., M.Pd, Pembimbing II: Yasinta Lisa, S.Si., M.Cs
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Project Based Learning, Sekolah Dasar Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik dengan menerapkan model project based learning di kelas VB SD Negeri 01 Kenukut Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB dengan jumlah 27 orang siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes kognitif, lembar penilaian afektif, psikomotorik, dan dokumentasi sebagai pendukung dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru siklus I sebesar 95% termasuk kategori sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I sebesar 95% termasuk kategori sangat baik. Serta rata-rata tes kognitif siklus I sebesar 62,59 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67%. Hasil belajar afektif siswa siklus I 73%. Hasil belajar psikomotorik siswa siklus I 71%. Pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru sebesar 100% termasuk kategori sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa sebesar 100% termasuk kategori sangat baik. Serta nilai rata-rata tes kognitif siklus II sebesar 75,18 dengan ketuntasan klasikal sebesar 89% termasuk kategori sangat baik, sehingga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 22%. Hasil belajar afektif siswa siklus II 87% terjadi peningkatan pada penilaian afektif sebesar 14%. Hasil belajar psikomotorik siklus II 93% terjadi peningkatan sebesar 22%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB Sekolah Dasar. Diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran menggunakan model project based learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar aktivitas belajar siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:40
Last Modified: 23 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item
View Item