ANALISIS SISWA PENYANDANG DISGRAFIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 NANGA SERAWAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Dena, Sanura (2020) ANALISIS SISWA PENYANDANG DISGRAFIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 NANGA SERAWAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1506061000_COVER.pdf] Text
PBI_1506061000_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1506061000_BAB 1.pdf] Text
PBI_1506061000_BAB 1.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of PBI_1506061000_BAB 2.pdf] Text
PBI_1506061000_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[thumbnail of PBI_1506061000_BAB 3.pdf] Text
PBI_1506061000_BAB 3.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of PBI_1506061000_BAB 4.pdf] Text
PBI_1506061000_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of PBI_1506061000_BAB 5.pdf] Text
PBI_1506061000_BAB 5.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of PBI_1506061000_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1506061000_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dena Sanura. 2020, Analisis Siswa Penyandang Disgrafia Di Sekolah Dasar Negeri 03 Nanga Serawai Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Ursula Dwi Oktaviani, M.Pd, Pembimbing II. Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd. Kata Kunci:Disgrafia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan peneliti untuk menganalisis terkait siswa penyandang disgrafia di Sekolah Dasar Negeri 03 Nanga Serawai. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor penyebab penyandang disgrafia pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 03 Nanga Serawai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami siswa di yaitu a) penggunaan huruf tidak konsisten dalam penulisan, b) mengalami kesulitan dalam menyalin tulisan seperti siswa mengalami kesulitan membentuk huruf-huruf tertentu. Adapun yang menjadi faktor pendukung yakni lingkungan fisik sekolah, kepala sekolah, komite dan orangtua siswa. Selanjutnya yang menjadi faktor penghambat adalah keterbatasan sarana dan prasarana, serta hambatan yang berasal dari siswa seperti perilaku tidak disiplin, memiliki minat yang rendah dalam belajar. Kendatipun demikian guru telah berupaya mengatasi faktor penghambat tersebut dengan melakukan pembelajaran dikelas dengan baik, memberikan wejangan dan bimbingan. Kesimpulan penelitian ini ada dua kendala yang dialami oleh siswa penyandang disgrafia di Sekolah Dasar Negeri 03 Nanga Serawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:40
Last Modified: 23 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item
View Item