Sriyosi, Hera (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN ASESMEN AWAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK KELAS X TJKT MATA PELAJARAN INFORMATIKA SE-KOTA SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Title..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Title..pdf
Download (922kB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Chapter 1..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Chapter 1..pdf
Download (246kB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Chapter 2..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Chapter 2..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (474kB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Chapter 3..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Chapter 3..pdf
Download (657kB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Chapter 4..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Chapter 4..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Chapter 5..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Chapter 5..pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_Appendix..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_Appendix..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_BAS_TA..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_BAS_TA..pdf
Download (636kB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_BAU_TA..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_BAU_TA..pdf
Download (670kB)
![[thumbnail of KOMPUTER _210409100_SKPSU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER _210409100_SKPSU_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_SKP_TA..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_SKP_TA..pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_SKU_TA..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_SKU_TA..pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of KOMPUTER_210409100_US_TA..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KOMPUTER_210409100_US_TA..pdf
Download (965kB)
Abstract
Sriyosi Hera Asnanda. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bermuatan Asesmen Awal Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X TJKT Mata Pelajaran Informatika Se-Kota Sintang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Yasinta Lisa, S.Si.,M.Cs. Pembimbing 2: Fatkhan Amirul Huda, S.Kom.,M.Pd. Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Asesmen awal
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya tindak lanjut guru terhadap asesmen awal pembelajaran berpengaruh terhadap rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media interaktif bermuatan asesmen awal guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan tindak lanjut pemberian bahan ajar menyesuaikan kebutuhan tiap-tiap siswa berberdasarkan hasil pengukuran pada asesmen awal. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subyek penelitian melibatkan kelas X TJKT di SMK se-Kota Sintang. Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi mendapatkan nilai sebesar 72,22 dan 84,03 dengan kategori layak dan sangat layak. Hasil implementasi skala kecil menunjukan pengaruh media interaktif bermuatan asesmen awal terhadap hasil belajar dengan nilai 0,00 dan motivasi belajar 0,00, revisi tahap lanjut produk dari guru dan siswa pada skala kecil tambahkan petunjuk yang benar sebelum soal asesmen awal agar siswa lebih mudah memahami. Implementasi skala luas SMKS Nusantara Indah Sintang menunjukan pengaruh media terhadap hasil belajar dengan nilai 0,00 dan motivasi belajar 0,00, Implementasi skala luas SMKS Budi Luhur Sintang menunjukan pengaruh media terhadap hasil belajar dengan nilai 0,01 dan motivasi belajar 0,00. Implementasi pada uji efektivitas di kelas eksperimen dan kontrol menunjukan pengaruh media terhadap hasil belajar dengan nilai 0,00 dan motivasi belajar 0,00. Pengaruh hasil belajar dan motivasi belajar dengan dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan jika nilai signifikansi (2-tailed) > 0,05 Ho diterima dan Ha ditolak. Efektifivitas media interakti bermuatan asesmen awal dalam meningkatkan hasil belajar nilai perhitungan effect size 0,41 dan motivasi 0,50, keduanya dalam kategori “besar”. Dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif bermuatan asesmen awal terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika. Diharapkan media ini dapat menjadi solusi inovatif yang mendukung guru dalam menyampaikan materi secara lebih menarik dan tepat sasaran, serta dapat digunakan secara berkelanjutan di SMK se-Kota Sintang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Sriyosi Hera Asnanda |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:39 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:39 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1809 |